Ratusan Lampu Penerangan Flyover Kopo Dicuri, Pemkot Bandung Kesulitan Temukan Pelaku

- 30 Januari 2024, 18:00 WIB
Foto udara pemandangan Flyover Kopo kota Bandung. Ratusan lampu penerangan di flyover Kopo hilang dicuri orang tak bertanggung jawab.
Foto udara pemandangan Flyover Kopo kota Bandung. Ratusan lampu penerangan di flyover Kopo hilang dicuri orang tak bertanggung jawab. /Diskominfo Kota Bandung

KOPO, PRFMNEWS – Pencurian lampu penerangan jalan di sepanjang Jalan Layang atau Flyover Kopo, Kota Bandung, terjadi baru-baru ini. Namun, hingga kini, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung mengaku masih kesulitan mencari tahu sosok pelaku pencurian lampu tersebut.

Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Transportasi Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung, Panji Kharismadi mencatat, jumlah total lampu di Flyover Kopo yang hilang dicuri oleh oknum tak bertanggung jawab ada sebanyak 118 lampu.

“Itu (Flyover Kopo) aset Kementerian PUPR, tapi sudah serah terima pengelolaan. Yang dicuri ada banyak. Jadi lampu di Flyover Kopo banyak jumlahnya, per ruas jalan kanan-kiri total 936 buah lampu. Pada ruas jalan Flyover Kopo dari Timur ke Barat ada 33 buah lampu hilang, dari arah sebaliknya 85 buah lampu hilang. Jadi total 118 lampu hilang," kata Panji, Senin 29 Januari 2024 dikutip dari ANTARA.

Baca Juga: Resmikan Flyover Kopo, Menteri PUPR Ungkap Rencana Pembangunan Jalan Layang Buahbatu-Kiaracondong

Terkait alasan pihaknya kesulitan mencari tahu pelaku pencurian 118 lampu penerangan jalan di Flyover Kopo, Panji menuturkan, karena di sepanjang jalan layang tersebut belum memiliki kamera pengawas atau closed circuit television (CCTV).

“Kami sudah berkoordinasi dengan Kementerian PUPR yang membangun jalan layang tersebut bahwa di sana belum ada CCTV, sehingga pelaku belum bisa diidentifikasi,” ungkapnya.

Lebih lanjut, ia mengimbau kepada masyarakat untuk saling menjaga fasilitas-fasilitas umum tersebut, dan jika mendapati ada oknum berpotensi melakukan tindakan kejahatan terhadap penerangan jalan dan fasilitas umum lain, diminta untuk menegur dan melaporkannya.

“Kepada para pelaku untuk segera menghentikan perbuatan yg merusak fasilitas kota, dan kami tidak segan-segan untuk memproses secara pidana apabila ditemukan alat bukti,” tegas dia.

Baca Juga: Ngeri! Aksi Pelaku Pencurian Motor Bersenjata Api di Bandung Terekam CCTV

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x