Bupati Bandung Ajak Masyarakat dan Perangkat Daerah untuk Selalu Waspada Atas Ancaman Bencana

- 19 Januari 2024, 16:00 WIB
Bupati Bandung Dadang Supriatna dalam Talkshow Ngabedaskeun bersama Radio PRFM di Rumah Dinas Bupati Bandung Jumat, 19 Januari 2024.
Bupati Bandung Dadang Supriatna dalam Talkshow Ngabedaskeun bersama Radio PRFM di Rumah Dinas Bupati Bandung Jumat, 19 Januari 2024. /Pemkab Bandung/

SOREANG, PRFMNEWS - Cuaca ekstrem masih berpotensi terjadi di Kabupaten Bandung sekitarnya dalam beberapa hari ke depan. Karenanya, masyarakat pun diajak untuk meningkatkan kewaspadaan.

Hal ini disampaikan oleh Bupati Bandung Dadang Supriatna mengingat Kabupaten Bandung merupakan salah satu daerah rawan bencana hidrometeorologi.

Kata Dadang, saat cuaca ekstrem terjadi di Kabupaten Bandung maka masyarakat harus waspada menghadapi bencana seperti longsor, banjir dan angin kencang.

Selain itu, masyarakat juga harus selalu waspada dengan ancaman gempa bumi karena kabupaten Bandung berada di atas sesar aktif.

Baca Juga: Dadang kepada ASN Pemkab Bandung: Harus Respon Cepat Menanggapi Keluhan dan Permasalahan Masyarakat

"Dalam cuaca yang tidak menentu seperti saat ini, baik dalam kondisi hujan atau pun tenang, saya mengimbau masyarakat tetap waspada. Sebab, bencana seperti banjir, longsor bahkan gempa bumi bisa terjadi kapan saja tanpa diduga," ujar Bupati Dadang Supriatna di sela-sela Talkshow Ngabedaskeun bersama Radio PRFM di Rumah Dinas Bupati Bandung Jumat, 19 Januari 2024.

Selain meminta masyarakat untuk selalu waspada, bupati telah mengintruksikan OPD terkait terutama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Dinas Lingkungan Hidup untuk meningkatkan kesiapsiagaan dan menyiapkan berbagai langkah antisipasi untuk mengurangi risiko bencana.

Beberapa langkah yang diambil oleh Pemkab Bandung dalam mengurangi risiko bencana diantaranya adalah dengan melakukan pemetaan daerah rawan bencana, seperti daerah yang rentan terhadap banjir, longsor, atau gempa. Hal ini dilakukan untuk lebih awal mengantisipasi potensi ancaman bencana yang sering terjadi di Kabupaten Bandung.

"Pemetaan ini sangat penting untuk membantu dalam mengidentifikasi daerah-daerah yang memerlukan perhatian khusus sehingga memudahkan dalam melakukan antisipasi dan penanggulangan bencana," tutur Kang DS, sapaan akrabnya.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x