Pemkab Bandung Tingkatkan Kesiapsiagaan Memasuki Puncak Musim Hujan

- 17 Januari 2024, 08:00 WIB
Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Bandung Uka Suska Puji Utama
Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Bandung Uka Suska Puji Utama /Budi Satria/prfmnews

KAB. BANDUNG, PRFMNEWS - Puncak musim hujan tahun 2024 ini diprediksi terjadi pada Februari hingga Maret 2024 mendatang. Karenanya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung pun meningkatkan kesiapsiagaannya menghadapi hal ini.

Memasuki masa puncak musim hujan, Pemkab Bandung mengimbau dan mengajak semua pihak untuk sama-sama meningkatkan kesiapsiagaan menghadapi potensi bencana seperti banjir, longsor, dan angin kencang.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung Uka Suska Puji Utama menyampaikan, masyarakat pun diimbau utuk meningkatkan kesiapsiagaan karena bencana alam bisa terjadi kapan saja.

"Menghadapi puncak musim hujan hingga Maret 2024, kita dari pemerintah berharap kepada masyarakat Kabupaten Bandung harus tetap meningkatkan kesiapsiagaan menghadapi potensi ancaman bencana banjir, longsor dan angin kencang yang bisa terjadi sewaktu-waktu dan tidak diketahui oleh masyarakat sebelumnya," kata Uka Suska dalam keterangan resminya.

Baca Juga: Tim Gabungan Mulai Bersihkan Sisa Lumpur Banjir yang Mengendap di Desa Citeureup Dayeuhkolot Bandung

Menghadapi puncak musim hujan, BPBD Kabupaten Bandung terus melakukan kesiapsiagaan dengan melibatkan para narahubung yang ada di masing-masing kecamatan hingga desa dan kelurahan.

Tak hanya dari sisi personil, logistik dan perlengkapan lainnya pun sudah disiapkan untuk menghadapi situasi darurat.

"BPBD juga menyiagakan personel di sekitar lokasi potensi rawan bencana banjir, yang berdekatan dengan aliran Sungai Citarum maupun anak-anak sungai. Selain itu, BPBD juga sudah mempersiapkan logistik, peralatan evakuasi dan kebutuhan lainnya yang berkaitan dengan kesiapsiagaan dalam penanggulangan bencana," jelas Uka Suska.

Ia mengatakan melihat potensi ancaman bencana banjir yang terjadi di Kabupaten Bandung, BPBD sudah lebih awal melakukan pemetaan, di antaranya di kawasan Cekungan Bandung yang meliputi Kecamatan Dayeuhkolot, Baleendah dan Bojongsoang.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x