Tim Gabungan Mulai Bersihkan Sisa Lumpur Banjir yang Mengendap di Desa Citeureup Dayeuhkolot Bandung

- 17 Januari 2024, 07:20 WIB
proses pembersihan lumpur di Desa Citeureup RW 17 Kecamatan Dayeuhkolot pada Selasa, 16 Januari 2024 kemarin.
proses pembersihan lumpur di Desa Citeureup RW 17 Kecamatan Dayeuhkolot pada Selasa, 16 Januari 2024 kemarin. /Pemkab Bandung/

DAYEUHKOLOT, PRFMNEWS - Banjir melanda beberapa titik di kecamatan Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung sejak pekan lalu. Seiring berjalannya waktu, banjir mulai surut hingga akhirnya tim gabungan mulai melakukan pembersihan lokasi banjir di Desa Citeureup RW 17 Kecamatan Dayeuhkolot pada Selasa, 16 Januari 2024 kemarin.

Tim gabungan bersama-sama melakukan pembersihan lingkungan yang dipenuhi endapan lumpur yang terbawa banjir akhir pekan lalu.

Kerja bakti tersebut turut menggunakan alat berat back hoe bantuan dari Balai Besar Wilayah Sungai Citarum (BBWSC) dan 2 dump truk dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bandung. Personil Dinas Perhubungan Kabupaten Bandung juga turut hadir di lokasi pengerukan endapan lumpur dan sampah yang diangkut ke mobil dump truk.

"Kerja bakti ini difokuskan membersihkan endapan lumpur dan sampah yang mengendap di kawasan permukiman penduduk pasca-banjir sebagai dampak dari luapan Sungai Cigede akibat jebolnya tanggul sungai tersebut pada Kamis 11 Januari 2024 lalu," kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Bandung Uka Suska Puji Utama dalam keterangannya.

Baca Juga: BNPB: Target Kami Musim Hujan 2025 Dayeuhkolot Bandung Tidak Banjir Lagi

Menurut Uka Suska, pasca-bencana banjir di Desa Citeureup RW 17 itu menyisakan endapan lumpur dan sampah dari aliran air Sungai Cigede.

"Dengan adanya pelaksanaan kerja bakti ini diharapkan dapat mengurangi risiko yang ditimbulkan pasca-banjir tersebut. Selain itu untuk mengurangi beban masyarakat yang terdampak banjir, setelah rumah dan halaman rumah mereka tertutup endapan lumpur dan sampah," kata Uka Suska.

Dikatakan Uka Suska, sejumlah warga yang rumahnya dilanda banjir, sesaat setelah genangan banjir surut sudah mulai ada yang membersihkan dan membereskan rumahnya dari sisa banjir. Dan sejumlah rumah warga masih membutuhkan upaya pembersihan dari sisa endapan lumpur dan sampah.

"Tetapi bagi warga yang rumah maupun halaman rumahnya tertutup endapan lumpur dan sampah, tentunya membutuhkan kerja keras membersihkan sisa lumpur maupun sampah dari bekas banjir tersebut," ujarnya.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x