Bakal Terintegrasi Whoosh, LRT Bandung Segera Dibangun dengan Jalur Prioritas Lintasi Dago

- 11 Januari 2024, 17:30 WIB
Ilustrasi LRT
Ilustrasi LRT /Dwi Widiyastuti/Dok Kementerian Perhubungan

DAGO, PRFMNEWS – Pembangunan proyek transportasi massal Light Rail Transit/Kereta Ringan (LRT) Bandung ditargetkan mulai dilaksanakan tahun 2027 mendatang. Jalur rute prioritas yang akan dilintasi LRT Bandung ini antara lain wilayah Dago.

Pada tahap awal, LRT Bandung akan dibangun dengan dua koridor rute prioritas yakni Leuwipanjang – Tegalluar (Barat – Timur) dan Leuwipanjang – Dago (Utara – Selatan). Nantinya, LRT Bandung direncanakan terintegrasi dengan Kereta Cepat Whoosh di Stasiun Tegalluar, Kabupaten Bandung.

“LRT ini akan menjadi moda pengumpan (feeder) bagi Kereta Cepat Whoosh dan transportasi massal di Kota Bandung ini diharapkan dapat segera mulai dibangun paling lambat pada 2027 mendatang,” ujar Pelaksana Harian (Plh.) Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jawa Barat Mohammad Taufiq Budi Santoso, dikutip prfmnews.id dari ANTARA, Rabu 10 Januari 2024.

Baca Juga: Kabar Baik dari Dua Pemain Persib Bandung, Rachmat Irianto dan Reky Rahayu Pulih dari Cedera

Taufiq menambahkan, total dana yang dibutuhkan untuk pembangunan dua jalur rute LRT Bandung tersebut adalah sekira Rp20 triliun. Untuk sumber pendanaan tersebut, ucap dia, selain dari pemerintah pusat, Pemerintah Provinsi Jawa Barat juga akan melibatkan pihak swasta melalui skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU).

"Dana dibantu APBN melalui Kemenkeu. Ada beberapa dokumen yang harus disiapkan. LRT ingin kita campur (sumber pendanaan) dengan KPBU," jelasnya.

Terkait progress rencana pembangunan dua koridor rute LRT Bandung tersebut hingga awal 2024 ini, ungkap dia, sudah masuk tahap kelengkapan dokumen. Tahap selanjutnya adalah penandatanganan nota kesepahaman (MoU) dengan pemerintah pusat melalui Kementerian Keuangan (Kemenkeu) terkait modal pembangunan.

"LRT mudah-mudahan ya (segera dibangun). Kita mengatur waktu penandatanganan kesepakatan induk dengan Kemenkeu. Nanti lebih baik Pak Pj Gubernur (Bey Machmudin) yang menyampaikan. Prioritas Utara-Selatan, kemudian nanti Leuwipanjang-Tegalluar, kebutuhan Rp20 triliun untuk dua ruas itu," tutur Taufiq.

Baca Juga: Ini Rute yang Dilintasi Parade Bandros Road Show yang Digelar di Kota Bandung 12-13 Januari 2024

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah