Dipadati Pengunjung Saat Libur Nataru, PAD Kota Bandung Melonjak Signifikan

- 28 Desember 2023, 19:33 WIB
Kepala Bapenda Kota Bandung, Iskandar Zulkarnaen
Kepala Bapenda Kota Bandung, Iskandar Zulkarnaen /

PRFMNEWS - Memasuki masa libur Nataru 2023-2024, Kota Bandung dijejali pengunjung yang signifikan.

Kepadatan lalu lintas yang acap terjadi di Kota Bandung tiap akhir pekan selaras realisasi penerimaan pendapatan asli daerah (PAD) Kota Bandung dari sumber pajak.
Jepang malam pergantian tahun, realisasi pajak hotel, restoran dan hiburan di Kota Bandung sudah melebihi target

Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Bandung Iskandar Zulkarnain mengungkapkan, realisasi penerimaan dari sembilan mata pajak berada pada angka Rp 2,27 triliun atau 97,21 persen dari target 2023 yang Rp 2,33 triliun.

"Beberapa hari menjelang malam pergantian tahun, realisasi mata pajak hotel, restoran dan hiburan surplus (melebihi target). Kota Bandung penuh kunjungan tiap akhir pekan. Alhamdulillah, kunjungan wisatawan mendongkrak penerimaan pajak. Petugas (Bapenda) yang senantiasa bekerja kerja juga memberi andil besar atas realisasi penerimaan sejauh ini," tutur Iskandar yang akrab dengan sapaan Zul di ruangannya, Balai Kota Bandung, Kamis 28 Desember 2023

Penerimaan pajak hotel, restoran dan hiburan dengan realisasi angka yang di atas target, ucap Iskandar, menunjukkan okupansi pada sektor pariwisata itu tinggi. Kepadatan lalu lintas di Kota Bandung pada akhir pekan, ucap Zul, berefek nyata pada penerimaan dari mata pajak hotel, restoran maupun hiburan.

Dia memberikan rincian realisasi atas target pajak hotel, restoran maupun hiburan. Pajak hotel sudah berada pada angka Rp 386,9 miliar atau 117,23 persen dari target Rp 330 miliar. Realisasi pajak restoran, berada pada angka Rp 368,4 miliar atau 102,33 persen dari target Rp 360 miliar. Sementara itu, realisasi pajak hiburan, Rp 57,17 miliar atau 114,33 persen dari target Rp 50 miliar.

Terpisah, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung Ema Sumarna menyampaikan, terdapat dua libur akhir panjang pada Desember 2023. Ema berharap, hal itu menghadirkan manfaat nyata untuk PAD Kota Bandung.

"Menerima laporan dari Pak Ricky (Plh Kepala Dinas Perhubungan Kota Bandung), ada lonjakan kendaraan (mobil) yang masuk Kota Bandung via gerbang tol pada masa libur Nataru. Pada akhir pekan biasa, rata-rata kendaraan yang masuk via gerbang tol sekitar 35 ribu. Sementara itu, menurut laporan saat masa libur Nataru, misal pada 23 Desember 2023, kendaraan yang masuk via tol berjumlah 105.330. Asumsi kan saja, per kendaraan rata-rata memuat empat orang, berarti sekitar 400 ribu pengunjung masuk ke Kota Bandung pada tanggal itu (23 Desember)," tutur Ema.

Berdasarkan kondisi lalu lintas di Kota Bandung yang padat pada masa liburan Nataru, Ema mengatakan, merupakan potensi untuk penerimaan PAD. Dengankata lain, pihaknya akan memerhatikan betul realisasi penerimaan -terutama sektor pariwisata- selama masa liburan Nataru.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x