Ada Demo Buruh Hari ini di Gedung Sate dan Kantor Disnaker Jabar, Ribuan Massa Diprediksi Ikut Serta

- 14 Desember 2023, 06:26 WIB
Ilustrasi demo buruh.
Ilustrasi demo buruh. /PRFMNEWS.ID

PRFMNEWS - Gabungan serikat pekerja/serikat buruh Jawa Barat (Jabar) akan kembali menggelar aksi unjuk rasa atau demo buruh di dua lokasi di kota Bandung hari ini Kamis, 14 Desember 2023 dan juga pada Jumat, 15 Desember 2023.

Dalam keterangan yang diterima prfmnews.id, aksi demo buruh akan dipusatkan di Kantor Disnakertrans Jabar Jalan Soekarno Hatta Kota Bandung dan juga di Gedung Sate, Kota Bandung.

Diperkirakan sebanyak 10.000 massa akan ikut serta dalam aksi demo buruh ini.

Baca Juga: Ada Pembangunan Jembatan Cidurian, Jalan Rancaoray-Cikoneng Ditutup Sementara, ini Jalur Alternatifnya

Demo buruh ini dilakukan karena para serikat pekerja/serikat buruh di Jabar kecewa dan menyesalkan mengenai sikap Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin yang telah menetapkan UMP dan UMK 2024 tanpa memperhatikan aspirasi dari serikat pekerja/serikat buruh.

Selain itu, Pj Gubernur Jabar pun dinilai menetapkan UMK 2024, tanpa mempertimbangkan kondisi daerah dan dalam menetapkan UMK 2024 sama sekali tidak mempertimbangkan rekomendasi dari bupati/wali kota.

Dalam demo buruh ini tuntutan massa adalah menolak besaran UMP dan UMK 2023 yang telah ditetapkan, menuntut Pj Gubernur Jabar menerbitkan Surat Keputusan (SK) tentang upah untuk buruh/pekerja yang masa kerjanya sudah 1 (satu) tahun atau lebih (upah untuk buruh/pekerja yang masa kerjanya 1 tahun keatas) dengan nilai kenaikan sebesar 7,12% sampai dengan 14% dari UMK yang berlaku.

Baca Juga: Viral Polisi Berhentikan Motor Kawal Ambulans di Jakarta, Ditlantas Polda Metro Jaya Buka Suara

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x