Pengakuan Saksi soal Dugaan Penyebab Kebakaran Pabrik Pemintalan Kapas di Cipadung

- 15 November 2023, 19:12 WIB
Petugas pemadam kebakaran berupaya melakukan upaya pemadaman api yang membakar pabrik dan gudang pemintalan benang PT Kasta Timbul di Jalan HA Nasution Cipadung, Kecamatan Panyileukan Kota Bandung.
Petugas pemadam kebakaran berupaya melakukan upaya pemadaman api yang membakar pabrik dan gudang pemintalan benang PT Kasta Timbul di Jalan HA Nasution Cipadung, Kecamatan Panyileukan Kota Bandung. /Portal Bandung Timur/heriyanto

PRFMNEWS – Polisi menyelidiki penyebab pasti kebakaran yang melanda pabrik pemintalan kapas di Jalan Cipadung, Kota Bandung pada hari ini, Rabu 15 November 2023 siang. Keterangan para saksi terkait sumber api menjadi salah satu bahan penyelidikan pihak kepolisian.

Kapolsek Panyileukan Kompol Kurniawan mengatakan beberapa saksi menyampaikan sumber api dalam kebakaran di pabrik pemintalan kapas milik milik PT Mandiri Sejahtera Indonesia (MSI) di Cipadung Bandung ini dari mesin blowing.

“Penyebab masih dalam penyelidikan, ada beberapa saksi yg menyatakan api berasal dari sekitar mesin blowing yaitu tempat pemintalan kapas jadi benang,” kata Kurniawan, Rabu 15 November 2023.

Baca Juga: Begini Kata UNY Usai Mahasiswa Penyebar Hoaks Pelecehan Maba di Kampus Ditangkap Polisi

Kurniawan membeberkan pula bahwa dampak kebakaran tersebut antara lain menghanguskan area pabrik seluas 10.000 meter persegi. Seluruh karyawan pabrik pemintalan kapas tersebut berhasil dievakuasi.

“Saat kejadian pabrik sedang operasional, kurang lebih 300 karyawan berhasil dievakuasi dan sudah keluar semua dari pabrik,” ungkap dia.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung Gun Gun Sumaryana menjelaskan laporan kebakaran di pabrik pemintalan kapas di Cipadung itu diterima pihaknya dari masyarakat pada pukul 11.02 WIB.

Baca Juga: Kronologi Pencurian Mobil Lengkap dengan BPKB dan STNK di Jogja, Pelaku Ternyata Teman Anak Korban

“Kami langsung menurunkan armada yang terdekat untuk turun ke lapangan, tapi karena api cukup besar dan akhirnya saya beserta jajaran menurunkan seluruh unit yang bersiaga,” tuturnya.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah