Sehari Beres, Gak Perlu Ribet! Ini Cara Urus Adminduk di Kota Bandung

- 5 September 2023, 12:20 WIB
Mepeling Disdukcapil Kota Bandung.
Mepeling Disdukcapil Kota Bandung. /Diskominfo Kota Bandung/

PRFMNEWS - Berbagai inovasi dikeluarkan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bandung, agar Pengurusan administrasi Kependudukan (Adminduk) warga menjadi lebih mudah, gak perlu ribet dan bisa sehari beres.

Inovasi tersebut diantaranya aplikasi Salaman (Selesai Dalam Genggaman), layanan melalui aplikasi Salaman untuk pengajuan akta, KIA dan surat pindah secara online.

Lewat aplikasi Salaman ini, warga bisa mengurus berbagai adminduk seperti akta kelahiran, Kartu Identitas Anak (KIA), akta kematian, penambahan anggota keluarga pada kartu keluarga (KK), hingga mengurus surat pindah cukup lewat telepon cerdas.

Baca Juga: Sederet Kemudahan untuk Urus Adminduk di Kota Bandung, Ada yang Selesai dalam Satu Genggaman

Lalu, Mepeling (Memberikan Pelayanan Keliling), layanan Jemput Bola berkeliling dengan menggunakan mobil layanan, seperti ke sekolah, madrasah, kampus, Panti Asuhan/Jompo, RS/Faskes, Lapas/Rutan, pusat perbelanjaan, dan lainnya.

Ada pula Bi Eha (Bisa euy Hebat) dan Mang Udin (Mangga Urus Identitas Kependudukan), yaitu inovasi pemberian layanan pengurusan dokumen Adminduk ke tempat pemohon berkebutuhan khusus seperti lansia, sakit keras dan difabel.

Selanjutnya Geulis (Gerai Layanan Untuk Istimewa), inovasi untuk mendekatkan layanan kepada masyarakat dengan membuka gerai di berbagai lokasi, seperti di Mall, Kantor DPRD, MPP dan lokasi lain.

Baca Juga: Ini Layanan Adminduk yang Bisa Diakses Secara Online Lewat Aplikasi Salaman Disdukcapil Kota Bandung

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x