Sederet Kemudahan untuk Urus Adminduk di Kota Bandung, Ada yang Selesai dalam Satu Genggaman

- 4 September 2023, 18:30 WIB
Anak-anak Kota Bandung memperlihatkan Kartu Identitas Anak (KIA).
Anak-anak Kota Bandung memperlihatkan Kartu Identitas Anak (KIA). /Diskominfo Kota Bandung/

PRFMNEWS - Kemudahan terus diupayakan Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung termasuk dalam hal pengurusan administrasi kependudukan (Adminduk) yang banyak berkaitan dengan beberapa layanan.

Karena itu, Pemkot Bandung melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bandung meluncurkan beberapa kemudahan akses layanan adminduk bagi warga.

Beberapa kemudahan itu adalah melalui aplikasi Salaman, layanan Mepeling, Bi Eha, Mang Udin, hingga Geulis.

Baca Juga: Ini Layanan Adminduk yang Bisa Diakses Secara Online Lewat Aplikasi Salaman Disdukcapil Kota Bandung

Aplikasi Salaman (Selesai Dalam Genggaman) adalah layanan adminduk melalui aplikasi yang bisa diakses dari gawai untuk pengajuan akta kelahiran, KIA, surat pindah akta kematian, dan penambahan anggota keluarga pada kartu keluarga (KK).

Lalu, untuk layanan Mepeling (Memberikan Pelayanan Keliling), adalah layanan Jemput Bola berkeliling dengan menggunakan mobil layanan, seperti ke sekolah, madrasah, kampus, Panti Asuhan/Jompo, RS/Faskes, Lapas/Rutan, pusat perbelanjaan, dan lainnya.

Ada pula 'Bi Eha' (Bisa euy Hebat) dan 'Mang Udin' (Mangga Urus Identitas Kependudukan), yaitu inovasi pemberian layanan pengurusan dokumen Adminduk ke tempat pemohon berkebutuhan khusus seperti lansia, sakit keras dan difabel.

Baca Juga: Ambil KTP Atau KIA di Kota Bandung kini Bisa Secara Drive Thru

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x