Musim Kemarau Sebabkan Kebakaran Meningkat, Kok Bisa? Begini Penjelasan Pemadam Kebakaran

- 14 Agustus 2023, 11:30 WIB
Kebakaran hebat, satu rumah di Jalan Cikadut, Kota Bandung ludes terbakar hingga rata dengan tanah, Kamis 10 Agustus 2023 siang
Kebakaran hebat, satu rumah di Jalan Cikadut, Kota Bandung ludes terbakar hingga rata dengan tanah, Kamis 10 Agustus 2023 siang /Diskar PB Kota Bandung

PRFMNEWS - Dalam beberapa hari terakhir ini cukup banyak kebakaran yang terjadi di kota Bandung mulai dari kios kantin, perumahan, hingga pasar.

Kepala Bidang Kesiapsiagaan dan Operasi Penyelamatan Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung, Yusuf Hidayat menjelaskan ada tiga hal yang menyebabkan sebuah kebakaran terjadi.

"Kebakaran itu secara teori disebabkan tiga unsur adanya udara panas, adanya bahan, adanya penghantar panas, ini yang sebabkan (kebakaran)," kata Yusuf saat on air di Radio PRFM 107,5 News Channel Senin, 14 Agustus 2023.

Baca Juga: Menjadi Pemadam Kebakaran Merupakan Panggilan Jiwa

Nantinya, kata Yusuf, ketiga hal ini jika terkena percikan api baik itu dari kompor ataupun korsleting listrik akan memicu munculnya kobaran api.

"Ini sedikit ada yang memicu seperti halnya sekarang ada lupa mematikan tungku kan ada yang terbawa angin ruhai (bara) ada yang mungkin masuk ke plafon atau ke mana, ada udara, ada angin, sehingga membesar dan jatuh ke kain dan lainnya itu menyebabkan kebakaran," jelas Yusuf.

Saat ini Bandung dan sekitarnya sudah memasuki musim kemarau di mana suhu terasa lebih panas dari biasanya terutama pada siang hari.

Baca Juga: Musim Kemarau Tapi Suhu Bandung Makin Dingin, Ema Sumarna Paparkan 4 Pesan ini

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah