Gapeka 2023, KAI Bandung Rilis Jadwal Baru KA Jarak Jauh dan Lokal yang Berlaku Mulai 1 Juni

- 14 Mei 2023, 19:00 WIB
Ilustrasi, kereta api Daop 2 Bandung
Ilustrasi, kereta api Daop 2 Bandung /Portal Bandung Timur/may nurohman/

PRFMNEWS - PT KAI Daop 2 Bandung merilis jadwal baru keberangkatan kereta api (KA) jarak jauh dan kereta api lokal yang akan berubah seiring pemberlakukan Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) 2023.

Jadwal baru kereta api jarak jauh dan lokal pada Gapeka 2023 diumumkan KAI Daop 2 Bandung guna memastikan pelanggan tidak salah menentukan jam keberangkatan KA yang dinaikinya.

Jadwal terbaru keberangkatan KA antar kota dan KA lokal yang beroperasi di wilayah Daop 2 Bandung sesuai Gapeka 2023 ini berlaku mulai Kamis 1 Juni mendatang.

Baca Juga: Semua RW di Kota Bandung Harus Terapkan Kang Pisman

"Dengan adanya perubahan jadwal keberangkatan KA sesuai Gapeka 2023, kami mengimbau para pelanggan agar memperhatikan dan memastikan kembali jadwal perjalanan KA pada saat akan melakukan pemesanan maupun pembelian tiket," kata Manajer Humas PT KAI Daop 2 Bandung Mahendro Trang Bawono, dikutip prfmnews.id dari ANTARA.

Mahendro menambahkan, pemberlakuan Gapeka 2023 sebagai pengganti Gapeka 2021 juga mempengaruhi waktu tempuh perjalanan kereta api menjadi lebih singkat dari sebelumnya.

Percepatan waktu tempuh perjalanan KA ini, ujar Mahendro, dipengaruhi oleh berbagai upaya peningkatan prasarana oleh KAI dan Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kemenhub.

Antara lain yakni adanya jalur ganda pada lintas Gedebage - Haurpugur, peningkatan kecepatan di berbagai lintas hingga 110 kilometer per jam, serta perubahan sistem persinyalan.

Baca Juga: 'Dunia Hilang' Ditemukan di Indonesia, Ternyata di Sini Lokasinya

Gapeka merupakan pedoman pengaturan pelaksanaan perjalanan kereta yang digambarkan secara grafis untuk pengendalian perjalanan kereta api.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x