Ema Sumarna akan Temui Bupati Bandung untuk Pinjam Lahan Jadi TPA Sampah Darurat

- 30 April 2023, 12:00 WIB
TPA Cicabe digunakan Pemkot Bandung sebagai tempat pembuangan sementara.
TPA Cicabe digunakan Pemkot Bandung sebagai tempat pembuangan sementara. /HUMAS BANDUNG


PRFMNEWS - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung terus berupaya menangani permasalahan penumpukan sampah libur Lebaran 2023 akibat kendala operasional di TPA Sarimukti, Cipatat, Kabupaten Bandung Barat.

Salah satu solusi cepat yang dilakukan untuk mengurangi tumpukan sampah di 55 Tempat Pembuangan Sementara (TPS) di Kota Bandung yakni membuka lagi Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cicabe sebagai TPA darurat atau sementara.

Selain mereaktivasi TPA Cicabe, Pemkot Bandung berencana minta izin meminjam lahan milik Pemerintah Kabupaten Bandung untuk dijadikan TPA darurat untuk mengurangi tumpukan sampah di TPS-TPS Kota Bandung.

Baca Juga: Bandung Darurat Sampah, TPA Cicabe Dibuka Lagi dan Akses Jalan ke Lokasi Segera Diperbaiki

Plh Wali Kota Bandung Ema Sumarna mengatakan, upaya koordinasi dan kolaborasi dengan Pemkab Bandung agar masalah sampah di Kota Bandung terselesaikan sudah disampaikan ke Bupati Bandung Dadang Supriatna.

"Pekan depan akan bertemu dengan Bupati Bandung Dadang Supriatna dan beliau memahami. Di kabupaten kebetulan banyak alternatif lahan, mungkin di Jelekong. Jika ada kolaborasi, masalah menjadi ringan," ucap Ema, Sabtu 29 April 2023.

Untuk pemanfaatan TPA Cicabe yang berada di wilayah Kelurahan Jatihandap, Kecamatan Mandalajati, Ema sudah meminta Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dan Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Bandung untuk mempercepat akses penggunaan lahan tersebut.

Baca Juga: Warga Siap Bantu dan Maklumi Penggunaan Lahan Darurat TPA Cicabe untuk Sampah

"Perlu ditangani cepat. Ini mulai ancaman darurat. Alhamdulillah kita punya lahan sendiri, mungkin besok (30 April 2023) sudah mulai ada yang dibuang ke TPA sementara ini," ujar Ema.

"Saya instruksikan DLH untuk menambah excavator serta Dinas PU untuk memperbaiki akses jalan untuk masyarakat bisa lebih baik dan akses truk pengangkut bisa lebih maksimal," tambahnya.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x