Bandung Darurat Sampah, TPA Cicabe Dibuka Lagi dan Akses Jalan ke Lokasi Segera Diperbaiki

- 30 April 2023, 11:13 WIB
Lokasi TPA Cicabe yang dijadikan tempat pembuangan sementara di Kota Bandung.
Lokasi TPA Cicabe yang dijadikan tempat pembuangan sementara di Kota Bandung. /HUMAS BANDUNG


PRFMNEWS – Tumpukan sampah libur Lebaran 2023 di 55 Tempat Pembuangan Sementara (TPS) di Kota Bandung mendorong pemerintah kota membuka lagi Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cicabe.

TPA Cicabe ini akan dibuka sementara sebagai TPA darurat akibat proses pembuangan sampah ke TPA Sarimukti, Cipatat, Kabupaten Bandung Barat mengalami kendala operasional pengangkutan.

Lokasi TPA Darurat Cicabe yang merupakan lahan milik Pemkot Bandung seluas 3,9 hektar tepatnya berada di wilayah Kelurahan Jatihandap, Kecamatan Mandalajati.

Baca Juga: Warga Siap Bantu dan Maklumi Penggunaan Lahan Darurat TPA Cicabe untuk Sampah

Plh Wali Kota Bandung Ema Sumarna mengatakan, lahan yang akan dijadikan TPA darurat di Cicabe ini akan digunakan sambil menunggu normalisasi operasional TPA Sarimukti.

"Informasinya di sana hanya menerima satu jalur, artinya 50 persen. Sedangkan jika volume sampah tidak berkurang, ada sisa sisa sampah yang jauh lebih banyak," ungkap Ema.

Ema menyatakan, Pemkot Bandung perlu mengambil langkah strategis dan cepat untuk mengurangi volume sampah yang tak terbuang ke TPA hingga memicu penumpukan di TPS-TPS di Kota Bandung.

Baca Juga: Sampah Menumpuk Belum Diangkut di Kota Bandung Sejak Lebaran, DLH Ungkap Hal Ini

"Alhamdulillah kita di sini punya lahan sendiri. Dulu sempat jadi TPA, kita reaktivasi. Tapi sekali lagi, ini hanya sementara," tegas Ema.

Untuk mengakselerasi lubang-lubang pembuangan di TPA darurat, Ema menginstruksikan dinas terkait untuk segera mempercepat perbaikan jalan menuju TPA Darurat Cicabe.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x