Warga Siap Bantu dan Maklumi Penggunaan Lahan Darurat TPA Cicabe untuk Sampah

- 29 April 2023, 19:00 WIB
Lokasi TPA Cicabe yang dijadikan tempat pembuangan sementara di Kota Bandung.
Lokasi TPA Cicabe yang dijadikan tempat pembuangan sementara di Kota Bandung. /HUMAS BANDUNG


PRFMNEWS - Pemerintah Kota Bandung akan menggunakan lahan di Jatihandap sebagai Tempat Pembuangan Akhir (TPA) darurat sementara untuk menanggulangi tumpukan sampah di sejumlah TPS.

Ketua Rw 09 Kelurahan Jatihandap Kecamatan Mandala Jati, Slamet Riyadi mengungkapkan pihaknya siap membantu dan memaklumi kawasan di daerahnya jadi TPA Darurat sementara.

Hal tersebut diungkapkan Slamet saat menerima kunjungan dan tinjauan lapangan dari Pemerintah Kota Bandung ke Kawasan TPA Cicabe yang dipimpin Plh Wali Kota Bandung Ema Sumarna bersama dengan OPD terkait dan aparatur kewilayahan.

Baca Juga: Sampah Menumpuk Belum Diangkut di Kota Bandung Sejak Lebaran, DLH Ungkap Hal Ini

"Alhamdulillah masyarakat di RW 03 secara khusus dan RW 14 secara umum, siap membantu dan memaklumi kegawat daruratan ini, terutama yang melewati Jalan Abdul Hamid ini," Jelas Slamet di TPA Cicabe, Sabtu 29 April 2023.

Sementara itu Dijelaskan Plh Wali Kota Bandung Ema Sumarna mengatakan TPA Darurat Sementara yang memiliki 3,9 Hektar ini digunakan Pemkot Bandung sambil menunggu normalisasi TPA Sarimukti.

"Informasinya disana hanya satu jalur artinya 50 persen menerima, sedangkan jika volume sampah tidak berkurang, ada sisa sisa sampah yang jauh lebih banyak," tuturnya.

Baca Juga: DLH: Perlu 20 Hari Untuk Normalkan Tumpukan 700 Ton Sampah di 55 TPS Kota Bandung

Ema lebih lanjut mengatakan Pemerintah perlu mengambil langkah strategis dan cepat untuk mengurangi volume sampah yang tak terbuang di TPA dan pada akhirnya menumpuk di TPS.

"Alhamdulillah kita disini punya lahan sendiri, yang dulu sempat jadi TPA kita kembali reaktivasi, tapi sekali lagi ini kesementaraan," Jelas Ema.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x