Pegawai Pabrik di Bandung Curhat Tidak Dapat THR karena Kontrak Kerja Diputus Lebih Awal

- 18 April 2023, 13:30 WIB
Ilustrasi THR
Ilustrasi THR /PRFMNEWS

PRFMNEWS - Salah seorang pekerja pabrik di Bandung mengeluhkan karena tidak mendapat Tunjangan Hari Raya (THR) karena dirinya terlanjur diberhentikan perusahaan saat mendekati Lebaran.

Ia mempertanyakan aturan pemberian THR kepada karyawan kontrak apabila telah diputus kontrak sebelum Hari Raya Idul Fitri 1444 H.

Lebih parahnya lagi, ia diberhentikan lebih cepat dari tanggal habis kontrak kerjanya.

Baca Juga: CEK FAKTA: Anak Magang dan Karyawan Dalam Masa Percobaan di Kantor Berhak Dapat THR 2023?

"Apakah karyawan kontrak habis di bulan puasa berhak apa tidak mendapat THR. Seharusnya habis kontrak tanggal 20 tapi malah dipercepat, saya nggak dapet THR," katanya, Senin 17 April 2023.

Menanggapinya, Kepala Disnakertrans Provinsi Jawa Barat, Rachmat Taufik Garsadi menjelaskan, berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 36 Tahun 2021, pekerja yang tetap berhak menerima THR apabila sudah diberhentikan dalam waktu kurang dari 30 hari menjelang Lebaran adalah karyawan tetap atau
Perjanjian Kerja Waktu Tidak Tertentu (PKWTT).

Sedangkan untuk karyawan kontrak atau Perjanjian Kerja Waktu Tertentu (PKWT) jika masa kontraknya habis di antara waktu 30 hari menjelang Lebaran, maka tidak berhak menerima THR.

Baca Juga: Ridwan Kamil: Saya Minta Perusahaan Tak Banyak Cari Alasan untuk Tunda Bayar THR Pekerja

"Pekerja tetap walaupun berhenti di antara 30 hari sampai dengan hari raya maka masih berhak mendapat THR, tapi kalau pekerja PKWT kalau selesai masa kontraknya walaupun waktunya masih di dalam 30 hari maka tidak berhak mendapat THR," kata Taufik saat dikonfirmasi PRFM.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x