Mulai 2024, KA Lokal Bandung Raya akan Menjadi KRL

- 20 Februari 2023, 17:35 WIB
Ilustrasi KRL. Kereta lokal Bandung Raya akan diubah dari KRD menjadi KRL.
Ilustrasi KRL. Kereta lokal Bandung Raya akan diubah dari KRD menjadi KRL. /krl.co.id/


PRFMNEWS - Kereta Api Lokal Bandung Raya yang saat ini masih berjenis Kereta Rel Diesel (KRD) akan diubah menjadi Kereta Rel Listrik (KRL) pada 2024.

Konversi KRD Bandung Raya menjadi kereta listrik ini mencakupi KA relasi Padalarang-Bandung-Cicalengka.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Bandung, Dadang Darmawan mengatakan, tahap pertama konversi pada 2024 akan lebih dahulu diterapkan di KA Padalarang-Bandung. Kemudian tahap keduanya adalah Bandung-Cicalengka.

Baca Juga: Arya Sinulingga: Kereta Cepat Jakarta - Bandung Didukung 72 Perjalanan Kereta Feeder Per Hari

“Secara bertahap, feeder yang awalnya kereta disel, akan diganti jadi kereta listrik,” ucap Dadang usai audiensi bersama Dirjen Perkeretaapian (DJKA) Kemenhub, Senin 20 Februari 2023.

Dadang menjelaskan, konversi KRD menjadi KRL ini juga masuk sebagai salah satu feeder Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) yang nantinya akan beroperasi di wilayah Bandung Raya.

Ia memaparkan, transportasi publik menjadi isu penting dan strategis yang ada di Kota Bandung. Sehingga dengan hadirnya transportasi publik yang memadai, angka kemacetan di Kota Bandung dapat ditekan.

Baca Juga: Pastikan Kesiapan LRT Jabodetabek dan Kereta Cepat Jakarta Bandung, Kemenhub Gandeng 2 Perusahaan Asal Inggris

“Pada prinsipnya Pemkot Bandung sangat mendukung dan gembira akan program terkait aksesibilitas masyarakat yang akan berkunjung ke Kota Bandung,” ujarnya.

Adapun alasan digantinya KRD menjadi KRL Bandung Raya karena berpotensi meningkatkan jumlah penumpang.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x