Stok Air Tanah Kritis, Pemkot Bandung Minta Warga Tabung Air Hujan

- 4 Februari 2023, 09:30 WIB
Wali Kota Bandung Yana Mulyana meminta warga menampung air tanah.
Wali Kota Bandung Yana Mulyana meminta warga menampung air tanah. /TOMMY RIYADI/PRFM


PRFMNEWS - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung meminta masyarakat menabung air hujan untuk disimpan guna mengatasi persoalan penurunan muka air tanah di wilayah Bandung Raya yang kini tergolong kritis.

Hal tersebut diminta Pemkot Bandung adanya hasil penelitian dari Badan Geologi yang menyatakan kondisi air tanah di Bandung Raya dalam kondisi kritis.

Melansir dari ANTARA, Wali Kota Bandung, Yana Mulyana menilai penurunan muka air tanah itu bisa membahayakan. Karena, kata dia, fenomena penurunan muka air tanah itu bisa mengakibatkan permukaan tanah menjadi turun.

Baca Juga: Yana Mulyana Sosialisasi Perwal No 129 tahun 2022, Soal Sanksi Pelanggaran Pemanfaatan Ruang

"Jadi kalau air hujan yang datang menetes ke rumah kita itu semua masuk ke lahan kita, ditabung, kita bisa jaga sama-sama air tanah," kata Yana.

Ia juga mengatakan upaya menjaga lingkungan termasuk air tanah itu merupakan kewajiban bersama, bukan hanya pemerintah. Yana pun mengaku pihaknya berupaya membatasi penggunaan air tanah.

Menurutnya pihaknya juga sudah melakukan beragam cara untuk bisa mengatasi permasalahan air tanah yang turun semakin dalam di Kota Bandung. Di antaranya, kata dia, menabung air lewat kolam retensi, biopori, hingga drumpori.

Baca Juga: Jadwal Pertunjukan Barongsai di Kota Bandung Akhir Pekan Ini, 4 - 5 Februari 2023

"Jadi itu tugas kita semua lah, bukan tugas pemerintah saja," katanya.

Sebelumnya, Pusat Air Tanah dan Geologi Tata Lingkungan (PATGTL) Badan Geologi menyatakan kondisi muka air tanah di wilayah Bandung Raya itu semakin menurun atau tergolong kritis.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x