Yana Mulyana Beri Pesan Khusus untuk Apoteker

- 25 Desember 2022, 10:25 WIB
Wali Kota Bandung Yana Mulyana  dalam acara Pelantikan Pengurus Ikatan Apoteker Indonesia Kota Bandung, di Pendopo Kota Bandung, Sabtu 24 Desember 2022.
Wali Kota Bandung Yana Mulyana dalam acara Pelantikan Pengurus Ikatan Apoteker Indonesia Kota Bandung, di Pendopo Kota Bandung, Sabtu 24 Desember 2022. /HUMAS BANDUNG

 

PRFMNEWS - Wali Kota Bandung, Yana Mulyana menyebut, apoteker harus bisa meningkatkan literasi masyarakat agar bijak menggunakan obat.

Hal tersebut disampaikan Yana dalam acara Pelantikan Pengurus Ikatan Apoteker Indonesia Kota Bandung, di Pendopo Kota Bandung, Sabtu 24 Desember 2022.

"Apoteker harus meningkatkan kesadaran masyarakat untuk bijak menggunakan obat. Literasi akan meningkatkan pemahaman masyarakat untuk memilih dan mengkonsumsi obat sesuai aturan," kata Yana dalam keterangannya.

Baca Juga: 375 Pejabat Fungsional Pemkot Bandung Dilantik Hari ini, Yana Mulyana: Para PNS Harus Kuasai Keterampilan 4C

Ia juga mengatakan, paradigma apoteker kini sudah beralih menjadi pelayanan yang secara komprehensif bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup pasien atau 'patient oriented' dan bukan lagi 'drug oriented'.

Dengan paradigma 'patient oriented', apoteker harus meningkatkan kompetensi, pengetahuan, keterampilan, dan perilaku agar dapat melaksanakan interaksi langsung dengan pasien.

Baca Juga: Akhir Tahun, 2 Ruang Publik Baru Hadir di Bandung, Yana Mulyana: Agar Indeks Kebahagiaan Warga Meningkat

"Bentuk interaksi itu antara lain pemberian informasi obat dan monitoring penggunaan obat supaya hasil akhir pengobatan dapat tercapai," tuturnya.

Sementara itu, Ketua Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) Kota Bandung, Yena Iskandar mengatakan, organisasinya memang memiliki tugas untuk membina, menyayomi, hingga memberdayakan.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x