Yana Mulyana: Upaya Tangani Banjir Tak Sekedar Perbaikan Infrastruktur, Perlu Didukung Perilaku Manusia

- 14 Desember 2022, 12:30 WIB
Wali Kota Bandung Yana Mulyana.
Wali Kota Bandung Yana Mulyana. /Tommy Riyadi/prfmnews

PRFMNEWS – Banjir merupakan salah satu permasalahan yang masih dihadapi dan tengah dipecahkan solusi terbaiknya oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung hingga saat ini.

Salah satu titik rawan banjir di Kota Bandung yakni kawasan Gedebage. Ketika intensitas hujan tinggi, kawasan tersebut kerap dilanda banjir, seperti yang terjadi pada Minggu, 11 Desember 2022.

Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengaku, masalah banjir termasuk di kawasan Gedebage sudah menjadi salah satu prioritas penanganan Pemkot Bandung dalam beberapa tahun terakhir.

Baca Juga: Pemkot Bandung Sebut Penanganan Banjir Gedebage Kemarin Butuh Waktu Lebih Lama dari Biasanya

Yana Mulyana menjelaskan, berbagai upaya telah dilakukan Pemkot Bandung guna meminimalisir masalah banjir di sejumlah titik agar genangan air tak semakin tinggi dan bisa cepat surut.

Yana Mulyana memaparkan, sejumlah upaya untuk menanggulangi banjir di Kota Bandung antara lain, membangun 9 kolam retensi baru, 22 sumur resapan dalam, 647 sumur resapan dangkal.

Kemudian dengan membuat 3.706 drum pori, melakukan pengerukan rutin di setiap saluran air, dan menghadirkan rumah pompa air yang siap siaga ketika banjir.

Baca Juga: Jumlah Sampah di Kopo Citarip Kerap Menjadi Lebih Banyak dari Biasanya Setelah Banjir

“Tahun 2023, Pemkot akan membangun tambahan kolam retensi di Margahayu Raya, rumah pompa di Cibaduyut bawah tol dan rumah pompa di Jalan Terusan Pasirkoja exit tol. Bismillah ikhtiar terus dilakukan,” ungkap Yana, dikutip prfmnews.id dari keterangan di Instagram pribadinya, Rabu 14 Desember 2022.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x