Komunitas Sepeda Kota Bandung Lakukan Kampanye dan Edukasi Tertib Berlalu Lintas

- 4 Juli 2020, 10:33 WIB
Komunitas sepeda di Kota Bandung menggelar kampanye dan edukasi keselamatan bersepeda dan tertib berlalu lintas di Cikapayang, Dago, Sabtu (4/7/2020).
Komunitas sepeda di Kota Bandung menggelar kampanye dan edukasi keselamatan bersepeda dan tertib berlalu lintas di Cikapayang, Dago, Sabtu (4/7/2020). /dok. Ecotransport Indonesia/Windu Mulyana

PRFMNEWS - Euforia bersepeda di masa pandemi Covid-19 masih terus belanjut. Oleh karena itu komunitas sepeda di Kota Bandung menggelar kampanye dan edukasi keselamatan bersepeda dan tertib berlalu lintas di Cikapayang, Dago, Sabtu (4/7/2020).

Anggota Ecotransport Indonesia sekaligus penggiat sepeda Windu Mulyana mengatakan, kampanye dan edukasi ini dilaksanakan karena melihat euforia bersepeda saat ini yang sepertinya akan bertahan cukup lama. Oleh karena itu edukasi tentang keselamatan bersepeda atau tertib lalu lintas pesepeda masih perlu ditingkatkan dan diingatkan.

Baca juga: Tren Bersepeda Menjamur, Dishub : Hormati Pengguna Jalan lain

"Jadi saya dan teman-teman pegiat sepeda lain membuat kampanye semacam sosialisasi dan edukasi tapi langsung di jalan. Sekarang kita kumpul di Cikapayang Dago, kita edukasi teman-teman pesepeda yang dari arah Sulanjana dan arah Djuanda," ujar Windu saat on air di Radio PRFM, Sabtu (4/7/2020).

Fokus sosilasi yang dilakukan para pegiat sepeda dari berbagai komunitas kali ini adalah mengedukasi pesepeda untuk menggunakan lajur yang seharusnya. Selain itu juga agar tidak bergerombol dan bejajar tidak lebih dari dua pesepeda.

"Kita ingatkan teman-teman sepeda untuk tertib berlalu lintas, berjajar tidak melebihi dua, gunakan lajur sepeda, kenakan masker, dan jaga jarak," jelas Windu.

Baca juga: Kemenhub Pastikan Tak Keluarkan Aturan Tentang Pungutan Pajak Sepeda

Baca juga: Aktivitas Bersepeda Kian Marak, Kemenhub Dorong Pemda Buat Regulasi

Dalam sosialisasi kali ini, para pegiat sepeda juga bekerja sama dengan tim Area Traffic Control System (ATCS) Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung. Memanfaatkan fasilitas pengeras suara, tim ATCS membantu mengingatkan pesepeda yang tidak tertib berlalu lintas.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x