1 Pasien Covid-19 Varian XBB Ditemukan di Kota Bandung, Dinkes Ungkap Kondisi Terkini dan Gejalanya

- 16 November 2022, 16:10 WIB
Ilustrasi Covid-19. Satu pasien Covid-19 XBB ditemukan di Kota Bandung.
Ilustrasi Covid-19. Satu pasien Covid-19 XBB ditemukan di Kota Bandung. /Unsplash/martin sanchez


PRFMNEWS – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung menyatakan satu pasien Covid-19 varian XBB terkonfirmasi di Kota Bandung.

Pasien Covid-19 di Kota Bandung ini dinyatakan positif terinfeksi varian XBB usai menjalani pemeriksaan spesimen di Laboratorium Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati ITB.

Meski demikian, Dinkes memastikan kondisi terkini pasien Covid-19 varian XBB di Kota Bandung ini dinyatakan sudah negatif dan sehat kembali.

Baca Juga: Pemkot Bandung Wacanakan Lagi Pembatasan Aktivitas Masyarakat Imbas Tren Covid-19 Meningkat

“Per 10 November (2022) sudah dinyatakan negatif,” kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Kota Bandung Ira Dewi Jani, 16 November 2022.

Ira memaparkan, satu pasien terkonfirmasi positif Covid-19 varian XBB di Kota Bandung ini sebelumnya mengalami sejumlah gejala relatif ringan, yakni demam, batuk, dan merasakan pegal pada badan.

“Jadi tidak spesifik seperti ada anosmia. Itu saja keluhannya. Dan hari ketiga swab sampai selesai isoman, sudah tidak ada gejala lagi. Saat ini sudah dinyatakan sehat,” kata Ira.

Baca Juga: Luhut: Waspadai Puncak Gelombang Omicron XBB pada 2 Bulan ke Depan

Adapun pada hasil pemindaian, ia menyebut varian XBB yang terpapar kepada pasien ini berasal dari transmisi lokal. Pasien tersebut pun sebelumnya sudah divaksin booster pertama (dosis ketiga).

“Pasien bukan pelaku perjalanan (luar negeri). Dan sudah divaksin hingga booster pertama. Dosis satu dan duanya CoronaVac, dan dosis ketiganya Moderna,” jelasnya.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x