Luhut: Waspadai Puncak Gelombang Omicron XBB pada 2 Bulan ke Depan

- 5 November 2022, 07:22 WIB
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan.
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan. /Antara/Akbar Nugroho Gumay/ANTARA FOTO


PRFMNEWS – Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan puncak gelombang subvarian baru Covid-19 yakni Omicron XBB di Indonesia diprediksi akan terjadi dalam satu hingga dua bulan ke depan.

Luhut Binsar Pandjaitan yang juga Koordinator PPKM Jawa-Bali ini mengatakan, berdasarkan data kasus konfirmasi harian, peningkatan angka kematian akibat Covid-19 saat ini paling tinggi terjadi di Jawa Tengah (Jateng) dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

"Berdasarkan berbagai data yang telah kami amati dan berangkat dari trajectory kasus COVID-19 yang lalu, puncak gelombang berbagai varian baru ini diperkirakan akan terjadi pada satu hingga dua bulan ke depan," kata Luhut, dikutip prfmnews.id dari unggahan di akun Instagram-nya, 4 November 2022.

Baca Juga: Yuk Catat! Ini 44 Lokasi dan Jadwal Vaksin Covid-19 Dosis 1, 2, Booster di Kota Bandung November 2022

Oleh karena itu, Luhut kembali menegaskan semua pihak agar terus waspada dan cermat menyusul adanya ancaman subvarian Omicron XBB ini.

Kewaspadaan itu juga merujuk pada peningkatan kasus Covid-19 yang kembali meningkat hingga menyentuh angka 5.000 kasus dalam satu minggu terakhir.

Ia menyebut, khusus untuk wilayah Jawa-Bali peningkatan kasus konfirmasi harian terlihat di seluruh Provinsi Jawa dan Bali.

Baca Juga: Jubir Pemerintah Sebut Saat Ini Sedang Terjadi Peningkatan Keterisian BOR dan Positivity Rate Covid-19

Luhut menuturkan, pemerintah akan terus berkaca pada kasus dan pola Covid-19 di negara lain sebagai salah satu cara untuk memprediksi segala kemungkinan yang terjadi ke depan.

Pemerintah, lanjutnya, juga terus mengamati peningkatan kasus di beberapa negara yang juga menunjukkan adanya peningkatan perawatan di rumah sakit dan tingkat kematian yang lebih tinggi dibandingkan pertengahan tahun 2022.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x