Sprinkler Warga Diskar PB Kota Bandung Masuk Nominasi Inovasi Tingkat Jabar dan Sukses Ditiru di Yogyakarta

- 19 Oktober 2022, 18:15 WIB
Sprinkler warga dari Diskar PB Kota Bandung untuk mencegah kebakaran semakin besar.
Sprinkler warga dari Diskar PB Kota Bandung untuk mencegah kebakaran semakin besar. /Diskominfo Kota Bandung

PRFMNEWS - Sprinkler Warga merupakan inovasi alat pemadam kebakaran yang bisa digunakan hingga ke dalam gang di area pemukiman untuk bantu mengurangi risiko kerugian akibat kobaran api.

Sprinkler Warga ini merupakan karya Analis Kebakaran Ahli Muda pada Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung, Cecep Rustiana.

Sprinkler Warga karya Cecep Rustiana ini berhasil masuk 10 besar nominasi pada perhelatan PNS Berprestasi, Inovatif dan Future Leader Tingkat Provinsi Jawa Barat (Jabar).

Baca Juga: Penjelasan Bahaya Dietilen Glikol dan Etilen Glikol pada Obat Batuk Sirup yang Tewaskan Banyak Anak di Gambia

Meski berukuran kecil, alat Sprinkler Warga karya Diskar PB Kota Bandung ini mampu menjangkau perlindungan kurang lebih 25 rumah dan 100 jiwa, dengan jangkauan area seluas 0,75 hektar.

Cecep menjelaskan, awal penelitian alat pemadam kebakaran ini dilakukannya sejak 2019, kemudian berkembang sampai saat ini.

“Gagasannya dari kondisi kebakaran berpotensi terjadi di tiap kota. Saya berpikir bahwa kejadian kebakaran itu pasti memanggil pemadam dan menunggu pemadam kebakaran membawa air, sementara potensi air di pemukiman banyak," katanya, Rabu 19 Oktober 2022.

Baca Juga: Preman Pensiun 7 Malam Hari Ini, Saep Mau Rekrut Reymon jadi Copet, Nonton Streaming Gratis di Sini

Ia menerangkan, Sprinkler Warga sebagai manajemen air yang bisa digunakan warga dalam keadaan darurat ketika menunggu pemadam kebakaran datang.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x