Yana Mulyana Bentuk Kampung Siaga Bencana Guna Kurangi Dampak Buruk Cuaca Ekstrem di Kota Bandung

- 10 Oktober 2022, 17:54 WIB
Wali Kota Bandung Yana Mulyana.
Wali Kota Bandung Yana Mulyana. /Diskominfo Kota Bandung


PRFMNEWS – Wali Kota Bandung Yana Mulyana membentuk Kampung Siaga Bencana di setiap kecamatan untuk menekan dampak terburuk akibat cuaca ekstrem yang diprediksi BMKG terjadi beberapa waktu ke depan.

Yana Mulyana berharap keberadaan Kampung Siaga Bencana di setiap kecamatan di Kota Bandung ini menjadi salah satu upaya meningkatkan kewaspadaan dan mitigasi bencana di tengah cuaca ekstrem.

Menurut Yana Mulyana, Kampung Siaga Bencana di Kota Bandung ini akan membuat masyarakat semakin siap siaga dan kuat menghadapi berbagai ancaman bencana alam yang sewaktu-waktu bisa terjadi di daerah masing-masing.

Baca Juga: Yana Mulyana Ingin Semakin Banyak Masyarakat yang Gunakan Transportasi Publik di Kota Bandung

Yana menyatakan jika titik Kampung Siaga Bencana itu banyak, maka penanggulangan bencana di suatu wilayah pun bisa tertangani secara lebih cepat dan tepat.

"Ini untuk kesiapsiagaan kita semua menghadapi perbencanaan, tanggap bencana. Karena BMKG juga sudah mengingatkan kita bahwa beberapa waktu ke depan iklim ini cukup ekstrim," kata Yana, dikutip prfmnews.id dari laman ANTARA, Senin 10 Oktober 2022.

Yana menambahkan Kota Bandung dinilai rawan bencana mengingat curah hujan yang mulai tinggi serta letak geografis yang berada di cekungan.

Baca Juga: Pemkot Bandung Pangkas Ribuan Pohon Guna Antisipasi Tumbang

“Kota Bandung dikelilingi pegunungan serta berada di bawah patahan atau Sesar Lembang,” tuturnya.

Sehingga Yana menilai dengan kondisi tersebut, Kota Bandung punya risiko cukup tinggi terjadi bencana seperti banjir, angin puting beliung, longsor, kebakaran hingga gempa bumi.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x