Ternyata Masih Ada Upaya Pembebasan Lahan di Ujung Flyover Kopo Agar Tak Ada Penyempitan Jalan

- 23 September 2022, 12:30 WIB
Flyover Kopo di Kota Bandung, Jawa barat mulai diujicoba secara terbatas pada hari ini, Kamis, 22 September 2022.
Flyover Kopo di Kota Bandung, Jawa barat mulai diujicoba secara terbatas pada hari ini, Kamis, 22 September 2022. /Pikiran Rakyat/Boy Darmawan/

PRFMNEWS - Secara fisik, flyover Kopo Kota Bandung sudah rampung 100 persen dan mulai dilakukan uji laik fungsi selama satu pekan sejak Kamis, 22 September 2022 dini hari kemarin.

Meski secara fisik sudah selesai, ternyata Kementerian PUPR mendorong Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Jabar) untuk mengupayakan pembebasan lahan di ujung flyover Kopo baik di sisi barat maupun timur.

Upaya pembebasan lahan ini dilakukan agar tidak ada penyempitan jalan yang membahayakan pengguna jalan.

Baca Juga: Tak Hanya Uji Coba Flyover Kopo 2 Arah, Malam ini Dishub Kota Bandung Juga Mulai Terapkan 2 Skema Lalin Lain

Dikutip dari laman Kementerian PUPR, lokasi yang sedang diupayakan pembebasan lahan yaitu di sekitar Bandung Convention Centre (arah Tol Kopo dan Cibaduyut) dan di sekitar Caringin (arah Tol Pasir Koja).

Kepala Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BBPJN) Jakarta – Jawa Barat Wilan Oktavian mengatakan, pembangunan Flyover Kopo dimulai pada November 2020 dengan nilai kontrak Rp288,76 miliar yang dananya berasal dari Surat Berharga Syariah Negara (SBSN).

Seluruh proses pembangunan rampung minggu pertama September 2022. Untuk kemudian dilakukan serah terima sementara pekerjaan provisional hand over (PHO).

Baca Juga: Di Jeda Internasional ini Luis Milla Fokus Benahi Kondisi Fisik Pemain Persib

"Flyover ini memiliki panjang 1,3 km dan lebar 18 meter yang terdiri dari 4 lajur dan 2 jalur. Konstruksi flyover memiliki dua type gelagar type PCU Girder bentang 46 meter dan type PCI Girder bentang 43 meter dengan pondasi yang di gunakan type bore pile diameter 1.2 meter," kata Wilan.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x