Keren! Bandung Punya Inovasi Alat Pemadam Kebakaran ‘Sprinkler Warga’, Bisa Padamkan Api di Gang Sempit

- 20 April 2022, 14:30 WIB
Sprinkler Warga, alat pemadam kebakaran sederhana yang bisa masuk gang.
Sprinkler Warga, alat pemadam kebakaran sederhana yang bisa masuk gang. /HUMAS BANDUNG

 

PRFMNEWS – Inovasi alat pemadam kebakaran yang bisa memadamkan kobaran api hingga ke dalam gang sempit secara mandiri dimiliki Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung.

Alat pemadam kebakaran hingga mampu memadamkan api sampai ke gang sempit milik Diskar PB Kota Bandung itu bernama ‘Sprinkler Warga’.

Meski berukuran kecil, Sprinkler Warga bisa memadamkan api untuk fase awal kebakaran dan bisa masuk ke area-area yang tak bisa diakses mobil pemadam.

Baca Juga: Mobil Ini Parkir di Tempat Terlarang, Halangi Petugas Pemadam Kebakaran Kota Bandung yang Butuh Suplai Air

Plt Kepala Diskar PB Kota Bandung, Gun Gun Sumaryana menjelaskan, inovasi Sprinkler Warga ini berkaca pada wilayah kebakaran di kawasan padat penduduk yang sulit dijangkau mobil pemadam kebakaran.

Gun Gun mengaku, alat ini sebelumnya pernah diluncurkan Diskar PB Kota Bandung pada 2021 lalu. Saat itu, ada lima Sprinkler Warga yang diluncurkan.

Hingga akhirnya pada Selasa, 19 April 2022 kemarin, tim Diskar PB Kota Bandung kembali mensosialisasikan penggunaan Sprinkler Warga di RW 05 Kelurahan Cibaduyut Kidul.

Baca Juga: Tekan Dampak Kebakaran, Rendiana Awangga Dorong Warga Kampung Padat Penduduk Diberi Sprinkler

"Di tahun 2022 akan dipasang di 20 kelurahan. Akan dibuat skala prioritas berdasarkan kepadatan penduduk dan titik air," ucap Gun Gun, dikutip prfmnews.id dari laman Pemkot Bandung.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x