Keren! Bengkel di Kota Bandung Ciptakan Pompa Pemadam Kebakaran Mini yang Dioperasikan dengan Sepeda Motor

- 9 Maret 2021, 07:51 WIB
Penampakan pompa air yang bisa jadi alat pemadam kebakaran mini yang bisa dioperasikan oleh sepeda motor yang dinamai Siprokarling buatan bengkel Bahtera Dunia Pratama.
Penampakan pompa air yang bisa jadi alat pemadam kebakaran mini yang bisa dioperasikan oleh sepeda motor yang dinamai Siprokarling buatan bengkel Bahtera Dunia Pratama. /Humas Kota Bandung

PRFMNEWS - Kreatifitas warga kota Bandung memang tidak pernah berhenti. Terbaru, salah satu bengkel di Kota Bandung, bengkel Bahtera Dunia Pratama berhasil memproduksi sebuah pompa air portabel yang bisa dioperasikan sepeda motor.

Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana pun mengapresiasi inovasi yang dinamai Sistem Proteksi Kebakaran Lingkungan (Siprokarling).

Dengan desain yang sederhana dan berdimensi kecil, pompa ini memiliki daya jangkau lebih fleksibel untuk mencapai hingga ke pemukiman pada penduduk sehingga bisa mencegah kebakaran.

Baca Juga: Semalam Azhardi Athariq Tersingkir dari Indonesian Idol

"Kita tidak pernah tahu kebakaran bisa terjadi di mana saja dan kapan saja. Dengan karakter Kota Bandung yang jalannya juga cukup banyak yang sangat terbatas bisa dihadiri oleh mobil damkar yang ada. Alat ini bisa jadi salah satu solusi upaya memadamkan kebakaran di tempat yang relatif sulit dijangkau oleh mobil kebakaran kita," kata wakil wali kota usai uji coba pompa portabel di BTM, Jalan Ibrahim Adjie, Senin, 8 Maret 2021.

Siprokarling ini pengoperasiannya cukup sederhana. Oleh karena itu Yana berharap pompa ini layak dimiliki oleh tingkat kelurahan atau kecamatan. Sehingga bisa memberikan penanganan dini apabila terjadi insiden kebakaran karena bisa mengakses ke segala medan.

Menurutnya, sesuai dengan karakter pemukiman di Kota Bandung maka alat ini bisa menjadi solusi utama. Mengingat respon terhadap insiden kebakaran menjadi faktor penting dalam penanganan.

Baca Juga: Hasil Lengkap Drawing Piala Menpora 2021: Grup B Neraka, Persib Ketemu Juara Liga 1 2019, Grup C Derby Jatim

"Ini condong ke kewilayahan (Kelurahan dan Kecamatan) karena banyak daerah sempit yang sulit dijangkau mobil. Karena prinsipnya memadamkan kebakaran itu respon time jadi hal sangat penting. Semakin cepat merespon dengan air saja bisa cepat menurunkan suhu. Cepat tertolong, dan mengurangi perambatan," bebernya.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x