Dukung Proyek Kereta Cepat, Pemkot Matangkan Feeder Di Tegalluar

- 4 Januari 2022, 17:30 WIB
Plt Wali Kota Bandung, Yana Mulyana
Plt Wali Kota Bandung, Yana Mulyana /TOMMY RIYADI/PRFM


PRFMNEWS - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung tengah mempersiapkan pengumpan (feeder) dari dan menuju Stasiun Kereta Cepat Jakarta Bandung Tegalluar. Ini didasari dengan memperhitungkan efisiensi perjalanan mengggunakan kereta cepat tersebut tanpa adanya feeder tidak akan bisa di lakukan

Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Bandung, Yana Mulyana mengatakan, pihaknya saat ini tengah melakukan komunikasi dengan banyak pihak untuk menyediakan feeder berbasis kereta.

"Mudah-mudahan kita lagi berproses, itu ada transportasi publik berbasis kereta dari Tegalluar sampai ke Terminal Leuwipanjang," jelas Yana ditemui usai acara Bandung Menjawab di Taman Radio Bandung, Selasa 4 Januari 2022.

Baca Juga: Kota Bandung Berantas Parkir Liar Pakai Mobil Bandrek, Yana Mulyana: Untuk Mengurai Kemacetan

Dalam rencananya, kata Yana, feeder tersebut tidak hanya akan sebatas menyambungkan Stasiun Tegalluar dengan Leuwipanjang saja, tapi juga akan terkoneksi dengan transportasi berbasis rel koridor Timur-Barat Kota Bandung.

"Mudah-mudahan kita juga sedang bicara terkait koridor transportasi berbasis kereta itu timur-barat di Soekarno-Hatta, prosesnya di 2022," jelasnya.

Yana menambahkan, saat ini Pemkot Bandung tengah mengkaji sistem Transit Oriented Development (TOD) secara menyeluruh. Seperti diketahui, dalam perencanaan perkotaan, pengembangan berorientasi transit (TOD), adalah jenis pengembangan perkotaan yang memaksimalkan jumlah ruang perumahan, bisnis dan rekreasi dalam jarak berjalan kaki dari angkutan umum.

Baca Juga: Rel Kereta Cepat Telah Diberangkatkan Menuju Depo Tegalluar, Proyek KCIC Terus Digeber

"Saya belum tahu itunya mah, tapi kelihatannya menjadi kajian kita kalau kereta cepat 45 menit sampai di Tegalluar, tapi kalau akses masuknya lewat konvensional, jalan bisa 2-3 jam lagi, itu tidak ekonomis, jadi butuh akses feeder masuk ke dalam kota, memang idealnya rencana dulu pemerintah pusat sampai ke stasiun kereta api Bandung terkoneksi," jelasnya.

Untuk kesiapan, Yana mengatakan pihaknya memiliki lahan cukup di kawasan Gedebage sekitar Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA).

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x