Rel Kereta Cepat Telah Diberangkatkan Menuju Depo Tegalluar, Proyek KCIC Terus Digeber

- 7 April 2021, 16:40 WIB
Rel Kereta Cepat Indonesia-China /BUDI SATRIA/PRFMNEWS.

PRFMNEWS - Kereta api perdana angkutan rel proyek Kereta Cepat Indonesia-China (KCIC) telah diberangkatkan dari Stasiun Cilacap Pelabuhan ke Depo Kereta Cepat Tegalluar, Kecamatan Bojongsoang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Rabu 7 April 2021.

Pengoperasian kereta api angkutan rel ini berjalan berkat kolaborasi jajaran direksi PT KCIC, PT KAI dan Sinohydro guna mendukung pembangunan dan pengoperasi Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

GM Material Eguipment PT KCIC, Jarot Ari Wibowo menjelaskan kereta api angkutan rel ini mengangkut batang-batang rel yang akan digunakan di sepanjang trase Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Baca Juga: Ancaman 5 Tahun Penjara Menanti Sopir Angkot Ugal-ugalan di Cianjur

Baca Juga: Sekolah Tatap Muka di Kota Bandung Disepakati dengan Sejumlah Catatan

Rel yang diangkut adalah rel dengan standar UIC 60 atau R60. Artinya rel ini memiliki berat 60 kg per satu meter. Tidak hanya itu, rel yang diangkut ini memiliki panjang 50 meter tanpa sambungan.

“Penggunaan batang rel 50 meter ini akan menjadikan lintasan kereta cepat minim sambungan sehingga mendukung peningkatan keamanan dari perjalanan KCJB,” terang Jarot.

Rel Kereta Cepat Indonesia-China
Rel Kereta Cepat Indonesia-China BUDI SATRIA/PRFMNEWS.

Batang-batang rel yang akan digunakan itu didatangkan dari China menuju Pelabuhan Tanjung Intan Selatan Cilacap. Batang-batang rel ini kemudian dimuat ke atas kereta angkutan untuk kemudian diberangkatkan ke Stasiun Rancaekek. Setelah itu rel dibongkar di Depo Tegalluar, Rancaekek.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X