Ada SPALD Terpusat di Gegerkalong Bandung, Fungsinya untuk Pengolahan Air Limbah Domestik

- 31 Desember 2021, 20:30 WIB
Plt Wali Kota Bandung Yana Mulyana melihat langsung Sistem Pengelolaan Air Limbah Domestik (SPALD) Terpusat Sanimas Citarum Harum di Kelurahan Gegerkalong, Kecamatan Sukasari, Kota Bandung, Jumat 31 Desember 2021
Plt Wali Kota Bandung Yana Mulyana melihat langsung Sistem Pengelolaan Air Limbah Domestik (SPALD) Terpusat Sanimas Citarum Harum di Kelurahan Gegerkalong, Kecamatan Sukasari, Kota Bandung, Jumat 31 Desember 2021 /Humas Bandung.

PRFMNEWS - Sistem Pengelolaan Air Limbah Domestik (SPALD) Terpusat Sanimas Citarum Harum kini sudah ada di wilayah Kelurahan Gegerkalong, Kota Bandung.

SPALD di Gegerkalong itu baru diresmikan Pemerintah Kota Bandung pada Jumat 31 Desember 2021.

Peresmian dilakukan langsung oleh Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Bandung, Yana Mulyana.

Menurut Yana, dengan terbangunnya SPALD Terpusat di wilayah tersebut dapat bermanfaat bagi masyarakat dan menjadi role model bagi wilayah lain.

Baca Juga: Malam Tahun Baru, Okupansi Hotel di Kota Bandung Naik Signifikan

"Mudah-mudahan air tanahnya juga kualitasnya menjadi baik, karena mengurangi limbah domestik warga. Harapannya karena ini dibangun oleh masyarakat, masyarakat juga bisa ikut menjaga, memelihara IPAL-nya terus berfungsi baik," ucapnya usai peresmian.

"Karena memang masalah limbah domestik ini tetap menjadi masalah di kota besar, mudah-mudahan dengan terbangunnya tempat ini semakin mempercepat proses pencapaian 100 persen ODF (Open Defecation Free) di Kota Bandung," lanjutnya.

Yana juga mengapresiasi pembangunan SPALD Terpusat yang di atasnya terdapat ruang publik, sehingga bisa dicontoh kewilayahan lain agar dibagian atas SPALD dapat dimanfaatkan.

"Kita lihat ini sudah lebih dari 1 bulan IPAL ini berfungsi, tidak bau, dan bisa dipakai ruang publik, disini digunakan untuk ruang bermain anak, kalau di tempat lain itu ada Balai RW, ada tempat-tempat fasilitas publik lainnya," katanya.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x