Dewan Komentari Penggusuran Rumah Warga di Kelurahan Kebonwaru Bandung: Bertabrakan dengan Prinsip Keadilan

- 21 November 2021, 04:10 WIB
Anggota Komisi A Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bandung  Agus Andi Setyawan berbincang dengan warga korban penggusuran lahan PT KAI di Kelurahan Kebonwaru, Kota Bandung, Jumat 19 November 2021
Anggota Komisi A Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bandung Agus Andi Setyawan berbincang dengan warga korban penggusuran lahan PT KAI di Kelurahan Kebonwaru, Kota Bandung, Jumat 19 November 2021 /Dok Setwan DPRD Kota Bandung.

PRFMNEWS - Anggota Komisi A Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bandung Agus Andi Setyawan, meninjau langsung lokasi penggusuran rumah warga di RT 03 RW 04, Kelurahan Kebonwaru, Kecamatan Batununggal, Kota Bandung, Jawa Barat, Jumat 19 November 2021 siang.

Setelah melakukan peninjauan, Andi menilai PT KAI tidak menepati komitmennya terhadap warga RT 03 RW 04 Kebonwaru Kota Bandung.

Dari hasil laporan warga yang terkena gusur lahan PT KAI, yang sudah menyetujui dan menerima ganti rugi hanya sebanyak 11 rumah.

Baca Juga: VIDEO: Detik-detik Warga Bandung Diserang Pakai Golok di Pinggir Jalan

Akan tetapi warga yang telah mengalami bongkar paksa dalam proses penggusuran itu terhitung mencapai 24 unit rumah.

“Dalam proses sebenarnya saat kami melakukan koordinasi, 11 rumah yang dibongkar adalah mereka yang sudah menyetujui dan mendapatkan ganti rugi dari PT KAI. Akan tetapi realitanya PT KAI membongkar paksa seluruh rumah yang ada di sini, sekitar kurang lebih 24 rumah,” kata Andi.

Dituturkan Andi, harus ada sejumlah upaya dari Pemerintah Kota Bandung untuk menanggulangi pembongkaran ini dan memberikan bantuan sosial bagi warga yang terdampak penggusuran.

Baca Juga: Siap-siap! Ini Sinopsis Film Animasi ‘Encanto’ Karya Disney yang Rilis 24 November 2021

"Pada pembongkaran ini terdapat dampak sosialnya. Mungkin kurang lebih sekitar 100 warga yang terdampak dari 24 rumah tersebut," ucapnya

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan

Sumber: DPRD kota Bandung


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x