Jelang Lebaran Stok Pangan di Kota Bandung Dipastikan Aman, Warga Diminta Bijak Saat Belanja

- 5 Mei 2021, 07:03 WIB
Stok beras di Gudang Bulog Bandung saat dipantau oleh Wali Kota Bandung Oded M Danial pada 7 April 2021 lalu.
Stok beras di Gudang Bulog Bandung saat dipantau oleh Wali Kota Bandung Oded M Danial pada 7 April 2021 lalu. /HUMAS KOTA BANDUNG

PRFMNEWS - Jelang hari raya idulfitri atau lebaran 2021, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung memastikan jika ketersediaan pangan di Kota Bandung dalam kondisi aman.

Menurut Kepala Bidang Distribusi dan Konsumsi Pangan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Bandung, Usep Awaludin, stok ketersediaan pangan di Kota Bandung dipastikan aman karena sebelum ramadhan lalu sudah ada Rapat Koordinasi Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) bersama sejumlah stakeholder dan meminta kesiapan para suplier, distributor ataupun produsen bahan pangan menyatakan siap menambah pasokan pangan ke Kota Bandung.

Meski stok pangan aman, Usep meminta warga untuk tetap bijak dalam belanja dan tidak berlebihan dalam belanja terlebih harga pun masih relatif stabil.

Baca Juga: Hasil Liga Champions : Manchester City ke Final Usai Kalahkan PSG

“Kita minta masyarakat jangan terlalu berlebihan mengonsumsi. Karena kalau permintaan tidak terlalu tinggi harga pun relatif stabil. Jangan khawatir, ketersediaan bahan pangan terjaga dengan aman,” kata Usep di Taman Sejarah Bandung, Selasa, 4 Mei 2021.

Usep mengungkapkan, sekitar 90-an persen kebutuhan bahan pangan utama Kota Bandung dipasok dari luar daerah. Selain sebagai kota besar, Kota Bandung diuntungkan posisinya karena merupakan ibukota provinsi yang menjadi titik pertama utama pendistribusian bahan pangan.

“Kalau melihat ketersediaan di Kota Bandung sebagai kolektif distributif, jadi bahan pangan masuk dulu ke Kota Bandung. Setelah itu baru didistribusikan ke kota lain. Jadi insyaallah ketersediaan pangan masih aman,” ujarnya.

Baca Juga: Warga Bandung Digemparkan dengan Ampas Tahu yang Bikin Macet Selasa Sore Kemarin, Ternyata dari Sini Asalnya

Selain memastikan ketersediaan stok, Usep menyatakan Pemkot Bandung juga turut memeriksa keamanan dan kesehatan pangan yang masuk. Pemeriksaan dan pengujian dilaksanakan secara berkala untuk menghindari pangan yang tercemar agar tidak masuk ke Kota Bandung.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X