Lebaran Semakin Dekat, Harga Bawang Merah dan Daging Ayam di Kota Bandung Mulai Naik

- 4 Mei 2021, 13:54 WIB
Ilustrasi kepokmas.**
Ilustrasi kepokmas.** /Dok PRFM.

PRFMNEWS - Harga komoditas bawang merah dan daging ayam di sejumlah pasar tradisional di Kota Bandung merangkak naik jelang Hari Raya Idulfitri 1442 Hijriah.

Meski begitu, secara umum harga kebutuhan pokok dan stok bahan pangan di Kota Bandung relatif stabil dan aman.

Kepala Bidang Distribusi dan Perdagangan Pengawasan Kemetrologian, Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Bandung, Meiwan Kartiwa menuturkan, harga daging ayam di Kota Bandung sempat naik turun pada bulan puasa kali ini.

Baca Juga: Kepengurusan KPPG Jabar Dikukuhkan, Perempuan Mainkan Peran Politik Strategis

Sementara harga bawang merah, lanjut Meiwan, terus mengalami kenaikan pada bulan puasa tahun ini.

"Yang naik daging ayam awal bulan puasa di harga Rp 40 ribu perkilogram, minggu kedua turun menjadi Rp 36 ribu dan saat ini naik lagi Rp 40 ribu. Bawang merah dari kisaran Rp 30 sampai 36 ribu per kilogram," ujarnya saat ditemui di Balai Kota Bandung, Selasa 4 Mei 2021.

Kepala Bidang Distribusi dan Perdagangan Pengawasan Kemetrologian, Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Bandung, Meiwan Kartiwa, di Balai Kota Bandung, Selasa 4 Mei 2021
Kepala Bidang Distribusi dan Perdagangan Pengawasan Kemetrologian, Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Bandung, Meiwan Kartiwa, di Balai Kota Bandung, Selasa 4 Mei 2021 TOMMY RIYADI/PRFMNEWS.

Disampaikan Meiwan, harga acuan daging ayam di Kota Bandung dari Kementerian Perdagangan (Kemendag) sebesar Rp 35 ribu perkilogram sedangkan bawang merah Rp32 ribu per kilogram. Kondisi harga relatif tidak terlalu tinggi.

Ia menuturkan, tren harga bahan pokok di Kota Bandung saat awal bulan puasa mengalami kenaikan. Kemudian pada pertengahan bulan puasa mengalami penurunan dan menjelang Lebaran mengalami kenaikan.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X