Kota Bandung Mulai Vaksinisasi Tahap I Kamis Pekan Depan

- 7 Januari 2021, 15:15 WIB
Sekretaris Daerah Kota Bandung, Ema Sumarna (tengah) memberikan keterangan pada wartawan terkait vaksin di Kota Bandung yang mulai dilakukan Kamis 14 Januari 2021.
Sekretaris Daerah Kota Bandung, Ema Sumarna (tengah) memberikan keterangan pada wartawan terkait vaksin di Kota Bandung yang mulai dilakukan Kamis 14 Januari 2021. /TOMMY RIYADI-PRFM

PRFMNEWS – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung menetapkan 180 tempat untuk penyuntikan vaksin Sinovac tahap I. Rencananya, program vaksinisasi ini akan mulai dilakukan Pemkot Bandung pada Kamis 14 Januari 2021 mendatang.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung, Ema Sumarna menjelaskan, rangkaian vaksinasi Covid-19 Kota Bandung di harapkan bersamaan dengan pusat yang menetapkan tanggal 14 Januari. Dari 180 lokasi, 36 di antaranya adalah rumah sakit, kemudian puskesmas 80 dan selebihnya ada klinik kesehatan.

Ema menjelaskan, penerima vaksin Sinovac untuk Pemkot Bandung  akan diprioritaskan untuk tenaga kesehatan (nakes). Namun, SDM yang bekerja di ruang lingkup kesehatan seperti OB dan tenaga keamanan pun berpotensi mendapatkan vaksin dari Tiongkok ini.

Baca Juga: Yakinkan Vaksin Tak Berbahaya, Bupati Bandung Barat Aa Umbara akan Jadi yang Pertama Divaksin di KBB

Baca Juga: 650 Nakes RSUD Soreang Akan Divaksin Covid-19, Datanya Sudah Diserahkan ke Pemprov Jabar

“Informasinya pemerintah pusat akan mulai vaksinisasi 14 Januari. Kita in line dengan kebijakan pusat, nakes akan di dahulukan. Satpam yang ada di Puskesmas, itu pun menjadi bagian target, kalau dokter dan perawat sudah pasti," ujar Ema di Balai Kota Bandung, Kamis 7 Januari 2021.

Ema mengatakan, saat ini vaksin belum diterima Pemkot Bandung. Namun, Ia memastikan, Dinkes Kota Bandung sudah menyiapkan fasilitas pendukung agar vaksin tetap aman dan berdasarkan aturan medis.

"Tapi kita sudah menyiapkan storage itu, pokoknya kalau ini dikirim kita sudah siap, termasuk juga pelatihan tenaga vaksinator, itu kita pun sudah ada, lalu tempat, tempat yang nanti yang dipakai untuk vaksinisasi," jelasnya.

Baca Juga: Mendagri Terbitkan Instruksi Soal PSBB Jawa-Bali, Ini Aturan yang Berlaku

Halaman:

Editor: Haidar Rais


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x