Objek Wisata Goa Sunyaragi Cirebon Jadi Tempat Istirahat Favorit Pemudik Lebaran 2024

- 8 April 2024, 13:30 WIB
Mau Wisata Terjebak Macet di Cirebon? Goa Sunyaragi Peninggalan Kesultanan Cirebon Ini Bisa Jadi Alternatif
Mau Wisata Terjebak Macet di Cirebon? Goa Sunyaragi Peninggalan Kesultanan Cirebon Ini Bisa Jadi Alternatif /Bptags/

PRFMNEWS – Destinasi wisata Situs Taman Sari Gua Sunyaragi, Cirebon, Jawa Barat (Jabar) menjadi tempat beristirahat favorit bagi sejumlah masyarakat yang melakukan perjalanan arus mudik Lebaran Idul Fitri 2024.

Kata Staf pengelola Situs Taman Sari Goa Sunyaragi, Winardi, sejak Jumat 5 April 2024, banyak masyarakat yang melakukan perjalanan mudik Lebaran singgah untuk melepas lelah di area objek wisata kawasan Sunyaragi, Kecamatan Kesambi, Kota Cirebon itu.

Namun Winardi menyebut para pemudik lebih banyak yang menghabiskan waktu istirahat mereka di tengah perjalanan mudik Lebaran 2024 hanya di sekitar pendopoan, tidak masuk melihat-lihat ke bagian dalam goa.

Baca Juga: Jelang Libur Lebaran, Disparbud Pastikan Kesiapan Tempat Wisata di Jabar

Goa Sunyaragi merupakan kawasan goa buatan yang mirip dengan candi. Sunyaragi berasal dari kata "Sunya" yang artinya sepi dan "Ragi" yang bermakna raga dalam bahasa Sansekerta.

Menurut catatan sejarah goa ini didirikan oleh Pangeran Kararangen yang merupakan cicit dari Sunan Gunung Jati pada 1703 Masehi.

Pembuatan Goa Sunyaragi itu bertujuan sebagai tempat beristirahat dan bermeditasi para Sultan Cirebon dan keluarganya, yang pada tahun 1998 ditetapkan sebagai Cagar Budaya Keraton Kasepuhan Cirebon.

Baca Juga: Dilirik Will Smith, Ini Lokasi, Jam Buka, Harga Tiket Naik Keranjang Sultan di Tempat Wisata Viral Jabar

Sementara itu, Reiza (40), pemudik asal Kota Karawang yang melakukan perjalanan pulang kampung ke Pekalongan ini mengaku memilih kawasan Goa Sunyaragi sebagai tempat beristirahat karena memanfaatkan rimbunya pepohonan di area wisata tersebut.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x