Bunga Bangkai Raksasa Mekar Sempurna Jadi Daya Tarik Tempat Wisata di Jabar ini Saat Libur Lebaran 2024

- 8 April 2024, 13:00 WIB
Kondisi bunga bangkai di Kebun Raya Cibodas akan segera mekar, diperkirakan setelah Lebaran 2024.
Kondisi bunga bangkai di Kebun Raya Cibodas akan segera mekar, diperkirakan setelah Lebaran 2024. /Pikiran Rakyat/Muhammad Ginanjar/

PRFMNEWS – Bunga bangkai raksasa yang mekar sempurna menjadi daya tarik bagi wisatawan yang akan berkunjung ke tempat wisata Kebun Raya Cibodas (KRC), Cianjur, Jawa Barat (Jabar), pada momen libur Lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah/2024 Masehi.

Pada libur Lebaran 2024, bunga yang dikenal sebagai Bunga Bangkai atau Amorphophallus titanum (Becc.) ini merupakan koleksi langka di destinasi wisata Kebun Raya Cibodas Cianjur yang menawarkan pengalaman menarik bagi pengunjung.

Koleksi bunga bangkai di objek wisata Kebun Raya Cibodas Cianjur mulai mekar tanggal 16 Februari 2024, dan pada 5 April 2024 tinggi tanaman itu telah mencapai 171.5 cm. Bunga langka ini tidak mekar setiap tahun sehingga momen langka tersebut dinanti-nanti wisatawan.

Baca Juga: Libur Lebaran Mau ke Pantai? Kamu Wajib Tahu Aturan Baru Masuk ke Pangandaran

General Manager Kebun Raya Cibodas Joko Sulistio menyebut mekarnya bunga bangkai tersebut juga akan menjadi salah satu kado hari ulang tahun (HUT) ke-172 Kebun Raya Cibodas yang bertepatan tanggal 11 April 2024.

"Lebaran tahun ini bertepatan dengan mekar sempurnanya bunga bangkai raksasa yang selama ini banyak ditunggu wisatawan dari berbagai daerah seperti Jabodetabek, untuk Lebaran tahun ini warga dan wisatawan dapat melihat langsung mekarnya bunga bangkai," kata Joko.

Joko menjelaskan berdasarkan hasil pemantauan peneliti dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) dan Supervisor Hortikultura KRC, bunga bangkai itu akan mekar sempurna dengan ketinggian lebih dari 2 meter sekira pada 16 April 2024.

“Ini akan menjadi daya tarik bagi wisatawan yang selama ini bertanya kapan bunga bangkai mekar, tahun ini selain bertepatan dengan HUT KRC juga bertepatan dengan Hari Raya Idul Fitri, sehingga mekarnya bunga bangkai menjadi kado yang sangat istimewa," ungkapnya.

Baca Juga: Libur Lebaran di Garut? Yuk Coba Sensasi Berlibur di Waterpark Baru yang Sangat Unik

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x