Kunjungi Padalarang, Sandiaga Uno Takjub dengan Desain dan Pengalaman Unik di Masjid Karya Ridwan Kamil

- 16 Desember 2023, 22:00 WIB
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno sholat di Masjid Al Irsyad, hasil desain Ridwan Kamil di Kota Baru Parahyangan, Padalarang, Bandung Barat, Kamis 14 Desember 2023
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno sholat di Masjid Al Irsyad, hasil desain Ridwan Kamil di Kota Baru Parahyangan, Padalarang, Bandung Barat, Kamis 14 Desember 2023 //Dok Kemenparekraf

PRFMNEWS - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno mengaku terkesan dengan desain dan pengalaman unik yang dihadirkan di Masjid Al Irsyad di Kawasan Kota Baru Parahyangan, Padalarang, Kabupaten Bandung Barat (KBB).

Menparekraf Sandiaga Uno mengapresiasi keberadaan Masjid Al Irsyad di Padalarang ini yang menurutnya tidak hanya sebagai sarana ibadah tapi juga destinasi unggulan wisata religi di Kabupaten Bandung Barat.

Sandiaga Uno mengatakan daya tarik dari masjid ini tidak lepas dari arsitektur bangunan hasil karya mantan gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. Hal tersebut disampaikan Menparekraf saat singgah melaksanakan salat Zuhur di sela-sela kunjungan kerjanya ke Jawa Barat, Kamis 14 Desember 2023.

Baca Juga: Penyebab Sementara Kecelakaan Bus di Tol Cipali Kemarin, Sopir Selamat 12 Penumpang Tewas

“Masjid Al Irsyad ikon wisata religi di KBB ini didesain oleh sahabat kita Kang Emil (Ridwan Kamil), dan uniknya masjid ini tidak ada kubahnya. Namun super keren dari segi desain dan kita bisa nikmati pengalaman yang unik lain daripada yang lain saat salat di sini,” ujar Sandiaga.

Bentuk masjid yang diresmikan pada tahun 2010 ini terinspirasi dari Masjidil Haram dan Ka'bah yang berbentuk kotak.

Keunikan lain masjid berkapasitas 1.500 jemaah ini juga bisa dilihat dari dinding masjid. Kisi-kisi dinding masjid ini dibuat dengan susunan bata bolong yang membentuk dua kalimat syahadat dalam huruf Arab.

Baca Juga: Cegah Kecelakaan di Nataru, KAI Minta Warga Waspada di Perlintasan Sebidang Karena KA Melintas Bertambah

Pengalaman unik yang ditemui Sandiaga adalah bisa melihat pemandangan langsung ke arah luar dari tempat imam berdiri. Sebab, area tersebut sengaja didesain terbuka.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x