Sukabumi Bakal Punya Kereta Gantung Dukung Pariwisata Geopark Ciletuh

- 24 Oktober 2023, 07:00 WIB
Puncak Dharma Geopark Ciletuh. UNESCO akan melakukan validasi ulang status geopark ini pada tahun depan
Puncak Dharma Geopark Ciletuh. UNESCO akan melakukan validasi ulang status geopark ini pada tahun depan /@fauzanevan - mantrasukabumi.com

PRFMNEWS – Transportasi umum kereta gantung (cable car) rencananya dibangun untuk memudahkan masyarakat mengakses kawasan wisata Unesco Global Geopark Ciletuh Palabuhanratu (UGGCP), Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Rencana pembangunan kereta gantung di wilayah Geopark Ciletuh Pelabuhan Ratu ini didukung oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sukabumi. Wakil Bupati (Wabup) Sukabumi Iyos Soemantri mengaku sudah bertemu dengan pihak pengembang.

"Kami sudah bertemu langsung dengan pihak pengembang pembangunan sarana transportasi gantung untuk bekerja sama dalam mengembangkan wisata andalan Kabupaten Sukabumi ini," kata Iyos Somantri, dikutip prfmnews.id dari ANTARA, Senin 23 Oktober 2023.

Baca Juga: Semakin Berkembang, Pantai Palangpang Sukabumi jadi Destinasi Wisata Paling Diminati Wisatawan

Iyos meminta kepada pengembang agar dalam membuat perencanaan pembangunan kereta gantung ini harus dikaji secara baik dan menyeluruh. Hal itu agar tidak ada pihak merasa dirugikan ataupun terjadi kerusakan terhadap sumber daya alam di UGGCP.

"Pengembangan wisata ini sebagian dari agenda Pemkab Sukabumi untuk memuliakan bumi dan menyejahterakan masyarakat meliputi kajian yang mendalam mengingat ada kawasan cagar alam dan geologi yang harus dilindungi," ujarnya.

Menurut Iyos, dengan adanya moda transportasi publik tersebut akan sangat membantu Pemkab Sukabumi yang saat ini tengah fokus melakukan pengembangan wisata di wilayah UGGCP.

Baca Juga: Curug Citambur, Pesona Keindahan Air Terjun Setinggi 130 Meter di Cianjur

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah