Meski Tak Ubah Hasil Akhir, Timnas Indonesia Ajukan Protes Soal Gol Kedua Irak yang Jelas Offside

- 16 Januari 2024, 19:30 WIB
Penggawa timnas Indonesia Pratama Arhan (tengah) sedang menggiring bola saat tiimnas menghadapi Irak dalam laga pertama Grup D Piala Asia 2023 di Stadion Ahmad bin Ali, Al Rayyan, Qatar, Senin, 15 Januari 2024.
Penggawa timnas Indonesia Pratama Arhan (tengah) sedang menggiring bola saat tiimnas menghadapi Irak dalam laga pertama Grup D Piala Asia 2023 di Stadion Ahmad bin Ali, Al Rayyan, Qatar, Senin, 15 Januari 2024. /PSSI/

PRFMNEWS - Timnas Indonesia mengawali putaran final Piala Asia 2023 dengan menelan pil pahit usai dikalahkan Irak dengan skor 3-1 di Ahmad bin Ali Stadium, Al Rayyan, Senin malam kemarin.

Dalam pertandingan itu, Timnas Indonesia sebenarnya sempat mengimbangi Irak. Namun gol kedua Irak yang diciptakan Osama Rashid menuai kontroversi karena sang pemain berada di posisi offside.

Meski sempat dicek melalui VAR, wasit tetap mengesahkan gol kedua Irak hingga membuat pemain dan ofisial Timnas sempat melancarkan protes kepada perangkat pertandingan.

Baca Juga: Resmi! ini 26 Pemain Timnas Indonesia yang Tampil di Piala Asia, Saddil Ramdani dan Arkhan Fikri Dicoret

Karena itu, Timnas Indonesia pun mengajukan protes kepada AFC atas disahkannya gol Irak yang jelas pemain itu berada dalam posisi offside.

"Tentu kami kecewa. Setelah pertandingan kami resmi protes keras kepada AFC terkait disahkannya gol kedua Irak. Kami sudah resmi melayangkan formulir protes dan diserahkan langsung ke match commissioner seusai pertandingan," kata Manajer tim, Endri Erawan.

Diakui Endri, meski protes tidak akan mengubah hasil pertandingan namun hal itu diharapkan bisa meningkatkan kualitas perangkat pertandingan di laga berikutnya.

"Kami tahu protes ini tidak akan mengubah hasil pertandingan. Namun setidaknya untuk pertandingan-pertandingan di ajang Piala Asia 2023 ini para wasit/perangkat pertandingan bisa lebih baik lagi dalam mengambil keputusan," tambahnya.

Baca Juga: Orang Kepercayaan Park Hang-seo kini Gabung Timnas Indonesia Temani Shin Tae-yong

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x