Wacanakan Naturalisasi untuk Timnas U-20, PSSI Dinilai Tidak Percaya Pada Talenta Lokal

- 18 Juli 2020, 07:42 WIB
Dokumentasi, latihan Timnas Indonesia U-16.*
Dokumentasi, latihan Timnas Indonesia U-16.* /pssi.org

PRFMNEWS - Jelang perhelatan Piala Dunia U-20 2021, wacana Timnas Indonesia untuk memanggil pemain keturunan berbakat di luar negeri mencuat. PSSI dikabarkan telah melakukan pendekatan dengan beberapa pemain keturunan Indonesia yang berkiprah di Eropa.

Baca Juga: Jika Liga 1 Dilanjutkan, PSSI Minta Suporter Tidak Datang ke Stadion atau Nonton Bareng

Ketua Forum Komunikasi Suporter Indonesia (FKSI) Richard Achmad Supriyanto mengatakan, wacana naturalisasi pemain keturunan oleh PSSI merupakan langkah yang tidak diperlukan. Saat ini, lanjut Richard, pemain muda asli Indonesia sudah memiliki kemampuan yang luar biasa.

"Saya kira sebenarnya talenta pemain muda kita itu sudah cukup luar biasa. Mau level U-16, U-19, dan seterusnya itu sekarang sudah cukup bisa diandalkan," ujar Richard saat on air di Radio PRFM 107,5 News Channel, Jumat (17/7/2020).

Baca Juga: Upacara Pembukaan Olimpiade Tokyo Akan Digelar 23 Juli 2021

Mantan Ketua Umum The Jakmania itu menilai ada pihak-pihak tertentu di PSSI yang menginginkan proses instan di Timnas Indonesia. Diakui oleh Richard, wacana naturalisasi pemain keturunan ini telah menjadi perdebatan di tingkat stakeholder bahkan hingga di forum pelatih Timnas.

"Memang perkembangan saat ini ada pembisik-pembisik di lingkaran federasi atau ketua umum yang mencoba ingin main dalam porsi instan nih. Itupun menjadi pomlemik di tingkatan stakeholder sepak bola Indonesia maupun di forum pelatih juga jadi perdebatan," ungkapnya.

Baca Juga: Pemerintah Inggris Beri Restu Suporter Hadir di Stadion Musim Depan

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x