Kabar Duka dari Seni Pewayangan, Dalang Ki Seno Nugroho Tutup Usia

- 4 November 2020, 08:32 WIB
Pandawa Bangkit, lakon terakhir dalang Ki Seno Nugroho.
Pandawa Bangkit, lakon terakhir dalang Ki Seno Nugroho. /- Foto : Instagram @admin_ki_seno_nugroho

PRFMNEWS - Kabar duka dari seni pewayangan Indonesia, Dalang Ki Seno Nugroho meninggal dunia pada Selasa 3 November 2020 pukul 22.15 WIB.

Dalang kondang ini meninggal dunia di RS PKU Muhammadiyah Gamping, Sleman, Yogyakarta dalam usia 48 tahun.

Pria kelahiran Yogyakarta, 23 Agustus 1972 ini meninggalkan seorang istri dan tiga anak. Ki Seno Nugroho dikenal memiliki ribuan penggemar dari kalangan anak muda.

Jenazah rencananya disemayamkan di rumah duka di Gayam Argosari Sedayu Bantul. Ki Seno akan dimakamkan siang ini pukul 13.00 WIB di makam Semaki Gede Yogyakarta, dikutip Prfmnews.id dari Portal Jogja, pada berita berjudul "Dalang Kondang Ki Seno Nugroho Meninggal, Dimakamkan Siang Ini di Semaki Gede".

Baca Juga: Ditutup Siang Ini, Segera Daftar Kartu Prakerja Gelombang 11, Mudah dan Bisa dari HP

Meski Seno adalah dalang Yogyakarta, namun ia tak semata-mata melakonkan dalam Gaya Yogyakarta. Kadang ia menyelipkan Gaya Solo dan juga menampilkan gending-gending Banyumasan hingga gaya Jawa Timuran.

Ki Seno Nugroho yang merupakan anak dalang kondang Yogyakarta Ki Suparman Cermowiyoto ini juga dikenal mengikuti perkembangan teknologi. Pada setiap pementasannya, ia menayangkan secara live streaming di kanal YouTube yang selalu ditunggu penggemarnya.

Baca Juga: Indonesia Mulai Berangkatkan Jemaah Umrah, Kemenkes Minta Jemaah Patuhi Protokol Kesehatan

Ucapan duka cita pun datang dari beberapa koleganya, salahsatunya Budayawan Sujiwo Tejo melalui akun twitternya @sudjiwotedjo.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana

Sumber: Portal Jogja (PRMN)


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x