Sudah Diteken Presiden Jokowi, Berikut Link Download PDF UU Cipta Kerja Final

- 3 November 2020, 09:50 WIB
Ilustrasi. RUU Cipta Kerja.
Ilustrasi. RUU Cipta Kerja. /ANTARA

PRFMNEWS - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menandatangani Rancangan Undang-Undang Cipta Kerja sehingga resmi menjadi Undang-Undang.

Presiden menetapkan Cipta Kerja menjadi Undang-undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja.

Isi lengkap UU Cipta Kerja yang telah ditandatangani Presiden Jokowi bisa didownload di laman resmi Setneg. Link download PDF UU Cipta Kerja tersedia di akhir artikel.

Baca Juga: KSPI Layangkan Gugatan UU Nomor 11 Tahun 2020 Tentang Cipta Kerja ke Mahkamah Konstitusi Hari Ini

Diketahui UU Nomor 11 tahun 2020 tersebut ditandatangani pada Senin, 2 November 2020 dengan nomor Lembaran Negara (LN) 245 dan nomor Tambahan Lembar Negara (TLN) 6673, dan sudah dapat dilihat di laman resmi Setneg.

Total halaman undang-undang tersebut berjumlah 1.187 halaman seperti yang terakhir disampaikan oleh Menteri Sekretaris Negara (Mensetneg) Pratikno.

UU Cipta Kerja ini memuat 11 klaster, 15 bab, 186 pasal, dan merevisi 77 undang-undang yang dibahas sejak April hingga Oktober oleh Badan Legislasi (Baleg) DPR dan pemerintah.

Dalam pertimbangan UU tersebut dinyatakan bahwa UU Cipta Kerja "diharapkan mampu menyerap tenaga kerja Indonesia yang seluas-luasnya di tengah persaingan yang semakin kompetitif dan tuntutan globalisasi ekonomi".

Baca Juga: Sentuh Rp1 Juta per Gram, Cek Rincian Harga Emas Hari Ini Selasa 3 November 2020

Selanjutnya "untuk mendukung cipta kerja diperlukan penyesuaian berbagai aspek pengaturan yang berkaitan dengan kemudahan, perlindungan, dan pemberdayaan koperasi dan usaha mikro, kecil, dan menengah, peningkatan ekosistem investasi, dan percepatan proyek strategis nasional, termasuk peningkatan perlindungan dan kesejahteraan pekerja".

Seperti diketahui, UU Cipta Kerja mendapat penolakan terutama dari kalangan pekerja.

Pasalnya, yang paling menuai kontroversi di UU Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja ini adalah klaster ketenagakerjaan yang merevisi UU Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan.

Baca Juga: Jokowi Tandatangani UU Cipta Kerja, Fraksi PKS: Ga Kaget, Karena Undang-Undangnya Usulan Pemerintah

Klaster ketenagakerjaan ini dianggap pro kepada pengusaha dan melemahkan kaum pekerja.

Namun disisi lain, UU Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja dianggap bisa menggaet investasi dengan berbagai kemudahan yang diatur dalam undang-undang tersebut.

PDF Undang-undang Cipta Kerja Final 1.187 halaman, bisa didownload di sini.***

Editor: Rian Firmansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x