Tambah Bantuan Bagi Korban PHK, Kemnaker Luncurkan Program MangCovid

- 23 Oktober 2020, 07:19 WIB
Menaker Ida Fauziyah meluncurkan MangCovid di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, Rabu 21 Oktober 2020
Menaker Ida Fauziyah meluncurkan MangCovid di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, Rabu 21 Oktober 2020 /dok Kemnaker

PRFMNEWS - Masyarakat korban Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) kini kembali akan mendapat bantuan dari pemerintah.

Setelah sebelumnya ada Program Kartu Pra Kerja, sekarang Kementerian Tenaga Kerja (Kemnaker) meluncurkan Program Pelatihan Management Pencegahan Covid (MangCovid).

Menurut Menaker, Ida Fauziyah, MangCovid adalah program bantuan yang memiliki tiga sasaran yaitu pencegahan penularan Covid-19, penyaluran kerja korban PHK, dan pertolongan bagi kaum disabilitas serta pemberdayaan UMKM.

Baca Juga: Masih Dibuka, Ini Link Pendaftaran BLT UMKM Rp2,4 Juta Kabupaten Bandung

Melalui program ini, korban PHK akan diberi pelatihan dengan harapan bisa mandiri untuk menjadi seorang wirausaha dan pelaku UMKM. Para peserta juga dilatih membuat alat disinfektan model baru dan menjadi jasa penyemprotan yang tersertifikasi.

"Jadi dalam menghadapi pandemi Covid-19 ini, kita optimalkan program MangCovid. Kita membutuhkan kolaborasi antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, kemudian swasta," ujar Ida saat peluncuran MangCovid di Indramayu, Rabu 21 Oktober 2020.

Ida mengungkapkan, pihaknya juga melaksanakan program Jaring Pengaman Sosial (JPS). Program JPS tersebut di antaranya adalah pengembangan dan perluasan kesempatan kerja, terdiri dari program Tenaga Kerja Mandiri untuk penciptaan wirausaha dan Padat Karya yang bertujuan menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat melalui kegiatan pemberdayaan yang berkelanjutan.

Baca Juga: Siapkan KTP dan Akses eForm BRI Ini Untuk Mengetahui Apakah Dapat BLT UMKM Rp2,4 Juta Atau Tidak

Selain itu, Kemnaker juga melaksanakan Bantuan Subsidi Upah (BSU) untuk pekerja/buruh yang terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana

Sumber: Kemnaker


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x