Waspada! Lebih dari 5 Ribu Orang Indonesia sudah Terinfeksi Penyakit Flu Singapura, Ini Ciri dan Pencegahannya

- 29 Maret 2024, 12:00 WIB
Ilustrasi flu singapura pada anak.
Ilustrasi flu singapura pada anak. /Pexels/Andrea Picaquadio/

PRFMNEWS - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melaporkan kasus flu singapura belakangan meningkat signifikan di Indonesia. Data Kemenkes di minggu 11 tahun 2024 mencatat ada setidaknya lebih 5 ribu pasien yang terinfeksi flu Singapura di Indonesia.

Direktur Surveilans dan Kekarantinaan Kesehatan Kemenkes Achmad Farchanny Tri Adriyanto mengatakan, catatan ini meningkat dibandingkan tahun sebelumnya dalam periode yang sama.

Flu Singapura atau yang dikenal sebagai hand, foot and mouth disease (HFMD) tergolong penyakit menular yang disebabkan oleh virus dari genus Enterovirus.

Spesies Enterovirus yang paling sering menyebabkan HFMD adalah Coxsackievirus dan Human Enterovirus 71 (HEV 71).Penyakit ini sering terjadi pada anak di bawah 5 tahun, tetapi siapa pun bisa tertular.

Baca Juga: Sembuhkan Flu, Batuk dan Demam dengan Resep Herbal Ini, kata dr. Zaidul Akbar

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan daya tahan tubuh menentukan tingkat paparan dari berbagai jenis penyakit influenza, termasuk flu singapura atau HFMD.

"Kalau kena infeksi seperti flu, yang penting daya tahan tubuh kita jangan lemah," kata Budi, mengutip dari ANTARA.

Ia mengatakan influenza memiliki banyak varian yang terus bermutasi, seperti H1N1 atau flu babi, H5N1 atau flu burung, hingga flu singapura.

"Yang sebenarnya paling banyak itu bukan flu singapura, tapi flu biasa. Itu ada H1N1, H5N1, itu banyak sekali variannya dan flu tidak pernah berhenti bermutasi," katanya.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x