Pakai Kereta Baru, Mudik 2024 Naik KA Ekonomi GBMS Bakal Dapat Upgrade Fasilitas Makin Mewah

- 13 Maret 2024, 18:30 WIB
Kereta Api Ekonomi GBMS
Kereta Api Ekonomi GBMS /Dok KAI

PRFMNEWS - PT KAI mengoperasikan Kereta Ekonomi New Generation pada perjalanan Kereta Api (KA) 106 Gaya Baru Malam Selatan (GBMS) rute Stasiun Jakarta Pasar Senen-Stasiun Surabaya Gubeng jelang masa arus mudik Lebaran Idul Fitri 1445 H/2024 M.

KA Gaya Baru Malam Selatan menggunakan rangkaian Kereta Ekonomi New Generation dengan menghadirkan upgrade fasilitas makin nyaman dan mewah untuk jadwal keberangkatan mulai tanggal 14 Maret 2024 pada KA 106 GBMS rute Pasar Senen-Surabaya Gubeng.

Sedangkan Kereta Ekonomi New Generation akan dioperasikan pada KA 105 Gaya Baru Malam Selatan rute Surabaya Gubeng-Pasar Senen mulai keberangkatan pada tanggal 15 Maret 2024. Sehingga pada masa arus mudik Lebaran 2024, penumpang KA GBMS kelas ekonomi sudah bisa menikmati perjalanan naik kereta baru.

Baca Juga: Mudik Gratis Digelar Pemkot Bandung, Ini Rutenya

Dengan dioperasikannya Kereta Ekonomi New Generation tersebut, maka stamformasi KA Gaya Baru Malam Selatan menjadi 2 kereta eksekutif, 5 kereta ekonomi new generation, 1 kereta makan, 1 kereta pembangkit, dan 1 kereta bagasi.

Terkait fasilitas, Kereta Ekonomi New Generation pada KA GBMS memiliki jumlah tempat duduk menjadi 80 kursi formasi 2-2 berhadapan atau tidak berhadapan, dari sebelumnya 106 kursi formasi 3-2 dengan sandaran tegak lurus dan saling berhadapan. Perubahan ini membuat leg room penumpang menjadi lebih luas.

Selain itu, jenis kursi pada Kereta Ekonomi New Generation juga sudah menggunakan tipe captain seat yang membuat penumpang semakin nyaman saat bersandar dan bisa diatur kemiringannya (reclining), serta bisa disesuaikan searah laju KA ataupun berhadapan (revolving).

Baca Juga: Jadwal Pelunasan Biaya Haji 2024 Tahap II Dibuka Hari ini, Kemenag: 4 Kategori Jemaah ini Berhak Lunas

Selain pada kursi, upgrade juga dilakukan pada interior kereta dengan ditambahkan Public Information Display System (PIDS) yang dapat menampilkan jam dan suhu. Interior kereta juga dimodif mirip dengan kereta eksekutif seperti bentuk bagasi dan nuansa interior yang lebih cerah.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x