Aturan Dilarang Bawa HP Saat Nyoblos, Bawaslu Jabar Minta di TPS Ada Tempat Titip Ponsel

- 12 Februari 2024, 14:00 WIB
dilarang bawa HP ke TPS saat coblos pemilu 2024.
dilarang bawa HP ke TPS saat coblos pemilu 2024. /prfmnews/

BRAGA, PRFMNEWS – Guna menerapkan aturan dilarang membawa handphone (HP) masuk ke bilik suara Tempat Pemungutan Suara (TPS) Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 oleh pemilih saat hari H pencoblosan, (Bawaslu) Jawa Barat (Jabar) meminta petugas KPPS untuk menyiapkan tempat penitipan telepon seluler (ponsel).

Ketua Bawaslu Jabar Zacky Muhammad Zamzam mengaku permintaan agar petugas KPPS menyediakan tempat penitipan HP milik para pemilih di TPS telah direkomendasikan pihaknya ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) agar peraturan larangan membawa ponsel ke bilik suara bisa maksimal diterapkan.

"Kami sudah rekomendasikan. Kan nanti ada Linmas, jadi bisa dititip di situ, dijaga Linmas. Lalu kalau sudah nyoblos, mau foto TPS, silahkan," ujar Zacky di Bandung dikutip dari ANTARA Senin, 12 Februari 2024.

Baca Juga: Rentan Politik Uang, Pemilih Dilarang Bawa HP Masuk ke Bilik Suara TPS

Lebih lanjut Zacky menjelaskan, para pemilih dilarang membawa HP masuk ke bilik suara TPS saat proses pencoblosan Pemilu 2024 tanggal 14 Februari mendatang karena berpotensi memicu terjadinya praktik politik uang (money politic)

Zacky memaparkan, pemilih yang membawa handphone masuk ke bilik suara saat pencoblosan Pemilu 2024 bisa saja mengambil foto kertas surat suara hasil pilihannya menggunakan kamera ponsel untuk dikirim ke pihak tertentu.

"Masyarakat jangan bawa HP masuk ke TPS (bilik suara). Kalau mengambil foto di TPS boleh, tapi kalau mengambil foto di bilik suara, hasil coblosannya difoto enggak boleh, karena itu berpotensi politik uang juga," jelas dia.

Baca Juga: Terjawab Alasan Jokowi Temui Gibran Sabtu Malam di Hotel Usai Kampanye Terakhir di GBK

Adapun hari pencoblosan Pemilu 2024 akan digelar pada Rabu, 14 Februari 2024 besok untuk pemilihan Presiden, anggota DPR RI, DPRD Provinsi, DPRD Kota/Kabupaten dan Anggota DPD RI.

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x