Rentan Politik Uang, Pemilih Dilarang Bawa HP Masuk ke Bilik Suara TPS

- 12 Februari 2024, 11:50 WIB
Gudang Logistik Pemilu Kecamatan Sumur Bandung, Kamis 25 Januari 2024
Gudang Logistik Pemilu Kecamatan Sumur Bandung, Kamis 25 Januari 2024 /Diskominfo Kota Bandung

BRAGA, PRFMNEWS – Aturan larangan membawa handphone (HP) masuk ke bilik suara Tempat Pemungutan Suara (TPS) Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 yang wajib diketahui pemilih dan petugas KPPS kembali diingatkan oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jawa Barat (Jabar).

Alasan HP dilarang dibawa masuk ke bilik suara TPS oleh pemilih saat proses pencoblosan Pemilu 2024 tanggal 14 Februari mendatang dijelaskan oleh Ketua Bawaslu Jabar Zacky Muhammad Zamzam.

Zacky memaparkan, alasan kenapa telepon seluler (ponsel) dilarang dibawa ke bilik suara TPS Pemilu 2024 saat pencoblosan Pemilu 2024 karena guna mencegah kemungkinan terjadinya politik uang (money politic).

Baca Juga: Sudah Berlaku! Simak Larangan dan Sanksi Selama Masa Tenang Pemilu 2024

Praktik politik uang, jelas Zacky, berpotensi terjadi ketika pemilih mengambil foto kertas surat suara hasil pilihannya menggunakan kamera HP untuk dikirim ke pihak tertentu.

"Masyarakat jangan bawa HP masuk ke TPS (bilik suara). Kalau mengambil foto di TPS boleh, tapi kalau mengambil foto di bilik suara, hasil coblosannya difoto enggak boleh, karena itu berpotensi politik uang juga," kata Zacky di Bandung, Sabtu 10 Februari 2024.

Ia menambahkan hingga saat ini belum ada temuan ataupun indikasi terkait kecurangan politik uang tersebut. Namun Zacky menyebut potensi tersebut sangatlah tinggi dan perlu diwaspadai, khususnya oleh petugas penyelenggara pemilu dan pengawas pemilu di TPS.

Baca Juga: Cerita Penjual Mukena Raih Penghargaan di Shopee Super Awards 2023 Berkat Live Streaming

"Jadi difoto kemudian disetor ke tim kampanye, saya sudah nyoblos, gitu kan. Nah itu yang kita khawatirkan. Makanya KPPS dan PPS dari sejak awal masuknya pemilih itu wajib mengingatkan agar tidak membawa dan menggunakan ponsel di bilik suara," ucapnya.***

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x