Seniman Legendaris Betawi Benyamin Sueb Jadi Ikon Google Doodle Hari Ini

- 22 September 2020, 17:15 WIB
Benyamin Sueb Jadi Karakter Doodle Google, Intip Sederet Prestasi Seniman Legendaris Indonesia Ini
Benyamin Sueb Jadi Karakter Doodle Google, Intip Sederet Prestasi Seniman Legendaris Indonesia Ini /Tangkap layar Google.com/


PRFMNEWS - Hari ini, 22 September 2020, Benyamin Sueb menjadi ikon pada Google Doodle. Seperti apa sosok Benyamin Sueb ?

Benyamin Sueb adalah salah satu tokoh seniman dan budayawan Betawi di Indonesia. Beliau lahir di Jakarta, pada tanggal 5 Maret Tahun 1939.

Salah satu lagu yang pernah dinyanyikan oleh Benyamin Sueb adalah "Ondel- Ondel". Lagu tersebut sangat akrab di telinga dan sering digunakan pada acara-acara seni budaya Betawi, bersamaan dengan dua boneka besar berbaju pakaian adat dari Betawi yang dinamakan Ondel-Ondel.

Baca Juga: Lihat Merchant Baru ShopeePay Minggu Ini untuk Sambut Gajian

Ataupun lagu lainnya yang sangat familiar yang pernah dinyanyikan oleh sang legenda adalah "Kompor Meleduk" dan "Malam Minggu". Serta masih banyak lagi lainnya yang pernah dinyanyikan oleh Benyamin Sueb.

Seperti dikutip prfmnews.id dari ANTARA, Benyamin Sueb diketahui telah membintangi lebih dari 50 judul film salah satu dari judul filmnya adalah "Si Doel Anak Betawi". Bahkan 2 film yang dibintangi oleh Benyamin Sueb mendapat sebuah penghargaan yaitu Intan Berduri dan Si Doel Anak Modern.

 

 

 

Tak hanya itu, Benyamin Sueb juga memiliki sebuah Stasiun Radio yang dinamakan Bens Radio. Bens Radio dikenal sangat kental akan adat Betawi.

Baca Juga: Kang Emil Riung Bandung Ajak Masyarakat Disiplin Protokol Kesehatan

Berkat berbagai dedikasi yang dilakukan oleh Benyamin Sueb dalam melestarikan budaya Betawi pada tanggal 6 Desember 1995, Pemerintah DKI Jakarta mengganti sebuah nama Jalan di daerah Jakarta menjadi nama Benyamin Sueb.

Benyamin Sueb wafat pada tanggal 5 September 1995 di di Jakarta dan dimakamkan di TPU Karet Bivak, Jakarta.***(Dwi Nurul/JOB)

Editor: Rifki Abdul Fahmi

Sumber: Permenpan RB


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x