Gibran Tawarkan Green Jobs untuk Anak Muda di Debat Cawapres, Petani Milenial Bisa Jadi Solusi

- 22 Januari 2024, 12:30 WIB
Cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka menyampaikan pandangannya saat Debat Keempat Pilpres 2024 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Minggu (21/1/2024). Debat Keempat Pilpres 2024 mengangkat tema terkait pembangunan berkelanjutan, sumber daya alam, lingkungan hidup, energi, pangan, agraria, masyarakat adat dan desa. ANTARA FOTO//M Risyal Hidayat/tom.
Cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka menyampaikan pandangannya saat Debat Keempat Pilpres 2024 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Minggu (21/1/2024). Debat Keempat Pilpres 2024 mengangkat tema terkait pembangunan berkelanjutan, sumber daya alam, lingkungan hidup, energi, pangan, agraria, masyarakat adat dan desa. ANTARA FOTO//M Risyal Hidayat/tom. /Antara/M Risyal Hidayat/

PRFMNEWS - Dalam debat keempat yang mempertemukan tiga calon wakil presiden (cawapres) Minggu kemarin malam, ketiga cawapres memaparkan visi misi dan program mereka pada bidang Pembangunan Berkelanjutan, Sumber Daya Alam, Lingkungan Hidup, Pangan, Agraria, Masyarakat Adat dan Desa sesuai dengan tema yang diangkat.

Cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka kembali menekankan pentingnya hilirisasi di dalam negeri yang akan berdampak pada terbukanya lowongan pekerjaan yang bisa mencapai 19 juta lowongan pekerjaan.

Dari 19 juta lowongan pekerjaan yang akan terbuka dengan adanya program hilirisasi, ada sekitar 5 juta lowongan pekerjaan untuk green jobs atau pekerjaan ramah lingkungan.

"Jika agenda hilirisasi, pemerataan pembangunan transisi menuju energi hijau, ekonomi kreatif, UMKM bisa kita kawal, InsyaAllah bisa kita buka 19 juta lapangan pekerjaan untuk generasi muda dan kaum perempuan. 5 Juta di antaranya adalah green jobs," kata Gibran.

Baca Juga: Prabowo-Gibran Dapat Dukungan dari 10 Perguruan Silat Gagak Lumayung

Green jobs ini, kata Gibran, merupakan salah satu peluang kerja yang panjang.

Pasalnya, green jobs ini akan menjadi tren pekerjaan di masa kini hingga masa depan.

"Green jobs in adalah peluang kerja di bidang kelestarian lingkungan. Green jobs ini adalah tren peluang kerja di masa kini dan masa depan," ucapnya.

Untuk pengembangan green jobs ini, Gibran menjanjikan keberpihakannya kepada petani.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x